•  

logo


TV Digital Tidak Ada Sinyal? Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Anda tidak perlu khawatir apabila TV digital tidak ada sinyal karena ada beberapa alasan yang menyebabkan hal itu.

2 November 2022 08:09 WIB

Ilustrasi Iklan di TV
Ilustrasi Iklan di TV merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - TV digital tidak ada sinyal menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang baru saja berpindah dari televisi analog ke televisi digital.

Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila TV digital tidak ada sinyal karena ada beberapa alasan yang menyebabkan hal itu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab dan cara mengatasi apabila TV digital tidak ada sinyal.


Sikapi Ancaman Keutuhan Bangsa, Kominfo Inisiasi Gerakan Bagimu Negeri

1. Kualitas antena

Kualitas antena berpengaruh dalam menangkap siaran televisi digital. Antena yang memiliki ukuraran kecil dan diletakkan di area yang dikelilingi bangunan tinggi, kemungkinan kecil sangat sulit untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

Oleh karena itu, pilihlah antena dengan kualitas yang bagus agar televisi digital dapat menangkap sinyal.

2. Posisi antena

Selain kualitas, posisi antena juga berpengaruh terhadap penangkapan sinyal televisi digital. Antena yang diletakkan di area padat bangunan akan sulit menerima sinyal. Penggunaan smartphone di area padat juga berpengaruh terhadap penangkapan sinyal, kemungkinan perangkat saling berebut sinyal.

Jadi pengguna televisi digital tidak perlu khawatir. Anda bisa meletakan antena di area yang tidak padat. Selain itu, aturlah jarak antena digital satu dengan yang lainnya.

3. Masalah pada kabel

TV digital tidak ada sinyal, anda tidak pelu khawatir. Cobalah perhatikan sambungan kabel penghubung antara STV/TV digital dengan antena. Apabila komponen jack atau colokan rusak karena penyok atau kotor maka sinyal tidak dapat diterima dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan sambungan kabel penghubung antara STV/TV digital dengan antena tersambung sempurna.

4. Setelan set top box (STB)

Berbagai cara telah dilakukan, tapi TV digital tetap tidak ada sinyal? Kemungkinan hal itu terjadi karena ada setelan yang berbeda. Oleh karena itu, penting membaca petunjuk manual yang telah disediakan. Pastikan pengaturannya telah dilakukan dengan tepat.

Demikianlah, penyebab dan cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal. Semoga bermanfaat ya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meuncurkan program televisi digital. Masyarakat diminta berpindah dari televisi analog ke televisi digital. Program Analog Switch Off (ASO) dilakukan bertahap mulai hari ini, Rabu 2 November 2022.

Jalankan 3 Tahap, Kominfo Target Penghentian Siaran Televisi Analog Selesai November 2022

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati