logo


Banyak Perusahaan Bikin Pabrik Baru, Menteri Rachmat Yakin Target Ekspor 300% Tercapai

Pemerintah RI memiliki rencana untuk menaikan 300% produk dari Indonesia

12 Juni 2015 14:38 WIB


JAWA BARAT, JITUNEWS.COM - Kementerian Perdagangan kembali menegaskan keyakinannya untuk mencapai target ekspor 300%. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel bertambah optimis sebab banyak sekali perusahaan yang membuka pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

"Pemerintah RI memiliki rencana untuk menaikan 300% produk dari Indonesia, kalau selama ini Indonesia hanya andalkan migas dan primer yang 65%, manufaktur 35%. Tidak akan menyentuh 300 persen kalau begitu," tuturnya pada acara Peresmian Pabrik dan Kantor PT Mandom Indonesia Tbk di Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (12/6).

Menurutnya saat ini pemerintah sedang memperbaiki postur ekspor produk yang saat ini bertumpu pada migas. Oleh karena itu saat ini pemerintah sedang menggenjot volume ekspor produk-produk manufakturing Indonesia. Dirinya berkomitmen untuk memperbesar volume ekspor di bidang manufakturing hingga mencapai 65%.

"Di luar migas pemerintah akan meningkatkan manufaktur yang tadinya hanya 35% menjadi 65%. Untuk meningkatkan ekspor di manufaktur pemerintah berupaya mengundang investor asing maupun lokal untuk memberi nilai tambah kepada produk-produknya sesuai standar internasional dan industri ke negara-negara yang produknya akan kita tujukan," lanjutnya.

Ia mengaku sangat optimis dapat mencapai target 300% sebab banyak sekali perusahaan yang membuka pabrik baru berkapasitas besar di Indonesia. Ini belum dihitung dengan beberapa perusahaan yang baru saja berinvestasi dan akan mendirikan pabriknnya. Apalagi untuk beberapa sektor, Indonesia memang dijadikan basis produksi untuk produk berioentas ekspor.

"Ya Mandom ini kan menjadikan Indonesia basis produksi untuk pasar global dan saya berterima kasih untuk itu. Saya harap para karyawan tetap menjaga keberlangsungat berjalannya pabik ini" lanjutnya.

Manufaktur Berhasil Sumbangkan 75 Persen Nilai Ekspor Nasional

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan