•  

logo


DPR: Holding BUMN Percepat Kebangkitan Ekonomi Nasional

Holding BUMN bisa terus berperan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional

31 Oktober 2022 21:03 WIB

Anggota Badan Legislasi DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak
Anggota Badan Legislasi DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak Fraksi.pks.id

JAKARTA,JITUNEWS.COM- Upaya transformasi dan restrukturisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui pembentukan holding  dapat mendorong percepatan penciptaan lapangan kerja.

Holding BUMN bisaterusberperanmenjadilokomotifkebangkitanekonominasionalsaat ini dan ke depan.

“BUMN bisa menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan menjadi triger bagi kebangkitan ekonomi masyarakat,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar bertema “Holding BUMN sebagai Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Masa Depan” di Hotel Jember, Senin (31/10/2022).


Sadar Diri Tak Akan Dipilih Jadi Presiden, Erick Thohir: Trennya Orang Jawa

Lebih lanjut Amin menjelaskan, holding BUMN bisa menghadirkan efisiensi dan peningkatan kinerja BUMN secara signifikan. Peningkatan laba BUMN secara berkelanjutan dalam tiga tahun terakhir menunjukkan pembentukan holding yang dilakukan Kementerian BUMN sudah on the track.


Berdasarkan data dari Kementerian BUMN, pada tahun 2020, BUMN menghasilkan laba sebesar Rp13 triliun. Jumlah tersebut meningkat signifikan menjadi Rp124,5 triliun pada tahun 2021 lalu. Dan ditargetkan tahun 2022 ini meningkat menjadi Rp 144 triliun.


Ditengah lesunya perekonomian nasional, kinerja BUMN dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional berperan penting bagi penciptaan lapangan kerja.

Selain itu, upaya BUMN dalam menginisiasi program pembiayaan dan pendampingan untuk pelaku UMKM bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional.


“UMKM itu menampung sekitar 97% tenaga kerja dan juga menyumbang lebih dari 60% bagi _produk domestic bruto_ (PDB) Indonesia. Pendampingan dan pembinaan BUMN terhadap UMKM jelas penting bagi kebangkitan ekonomi nasional,” tegas Amin.


Wakil Rakyat dari Dapil Jatim IV (Kabupaten Jember dan Lumajang) itu pun berharap Holding BUMN kedepan dapat terus melakukan program-program yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dicapai melalui fokus kepada driver pertumbuhan domestik, termasuk mendorong UMKM untuk bangkit dan terus menciptakan lapangan kerja.


Lebih lanjut Amin berharap, transformasi BUMN yang salah satunya dengan pembentukan holding dapat meningkatkan akuntabilitas perusahaan, profesionalisme, meminimalisir intervensi politik, peningkatan kinerja dan produktivitas serta daya saing perusahaan baik dalam pasar domestik maupun internasional.


“Hal itu bisa menjadikan BUMN Indonesia lebih kompetitif dan berkelas dunia dan siap menghadapi situasi yang berubah dan ketidakpastian. Dari sinilah harapan Holding BUMN dapat menciptakan BUMN yang kuat dan terus menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional”, pungkasnya.

Wujudkan Kolaborasi BUMN, KBM Ekowisata Perhutani Jalin Kerja Sama Promosi dengan Pertamina

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar