logo


Mau Tahu Lebih Banyak Soal Bunga Kenanga? Cek di Sini

Selain terkenal di Sumatera Utara, kenanga pun memiliki berbagai versi nama tergantung dari daerahnya

11 Juni 2015 15:48 WIB

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tahukah Anda kalau bunga Kenanga merupakan tanaman khas dari provinsi Sumatera utara? Yap, Karena pertama kali ditemukan di sana, tak heran bila bunga yang memiliki nama latin Cananga odorata ini dijadikan sebagai flora indentitas daerah tersebut. 


Selain terkenal di Sumatera Utara, kenanga pun memiliki berbagai versi nama tergantung dari daerahnya, seperti di Sunda dan Madura memiliki panggilan Kananga dan kenanga, sedangkan di Aceh menjadi Semanga, Di Gayo dan Simalungun memiliki versi nama Selanga dan Nuarai, di Nias menjadi Ngana-ngana dan banyak nama lainnya.


Pohon kenanga dibagi menjadi dua macam, pertama kenanga biasa yang mempunyai nama latin Cananga odorata macrophylla yang berbentuk pohon dan bisa mencapai pertumbuhan tinggi sekitar 20 meter. Kedua, kenanga perdu dengan nama latin Cananga adorata fruticosa yang bisa mencapai tinggi maksimal 3 meter.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!


Pohon kenanga atau Cananga adorata memiliki diameter batang mencapai ukuran 70 cm dengan tingginya sekitar 20 meter. Batangnya membulat dan mudah patah pada saat batangnya masih muda. Daunnya berbentuk bulat telur dengan ujungnya yang meruncing. Panjang daunnya berukuran 10 sampai 23 cm sedangkan lebarnya 4,5 hingga 14 cm.


Bunga kenanga bisa terdapat lima lembar daun dilengkapi mahkotanya yang berwarna kuning dengan 3 lembar daun berwarna hijau ditepi pinggirannya. Bunga kenanga memiliki buah yang berbentuk bulat telur dan berdaging tebal serta berwarna hijau ketika masih muda. Apabila sudah tua warnanya akan memudar menjadi hitam.


Tanaman kenanga bisa tumbuh diketinggian 1200 m dpl dan lebih menyukai iklim panas dengan suhu sekitar 25- 30 derajat celsius. Di daerah asalnya, kenanga biasa digunakan dalam upacara-upacara adat. Namun selain itu, kenanga biasa digunakan untuk campuran bahan kosmetik bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah