•  

logo


Anugerah Jurnalistik Pertamina 2022, Hadiahnya Kursus Jurnalistik di London

AJP 2022 membuka peluang bagi para jurnalis untuk menghadirkan karya terbaik dengan mengangkat berbagai informasi terkait Pertamina

17 Oktober 2022 21:07 WIB

Tim Media Communication Pertamina Persero, Andar Titi Lestari
Tim Media Communication Pertamina Persero, Andar Titi Lestari Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2022 dengan mengusung tema 'Energizing Your Future'.

Tim Media Communication Pertamina Persero, Andar Titi Lestari mengatakan tema 'Energizing Your Future' merupakan inti dari pesan yang ingin disampaikan dalam ajang AJP 2022.

" AJT 2022  kita angkat tema 'Energizing Your Future'. Tema tahun 2022 ini adalah key message-nya yang bisa dijadikan Angle pemberitaan yang akan diperlombakan," kata Andar di Jakarta, Senin (17/10/2022)


Program Pinky Movement, Bikin Omset Usaha Vulkanisir Ban Naik Berlipat

Andar menambahkan AJP 2022 membuka peluang bagi para jurnalis untuk menghadirkan karya terbaik dengan mengangkat berbagai informasi terkait Pertamina Go Green, Pertamina Go Global, Pertamina Go Digital, Pertamina Go Collaborative, Pertamina Go Productive & Efficient dan Pertamina Go Sustainable.

Menurutnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, AJP 2022 juga melibatkan seluruh Pertamina di Indonesia.

"Termasuk juga kita bagi dalam bentuk teritorial. Di dalam teritorial ada sekitar 10 tutorial dari Sumatera sampai Papua," tuturnya.

Dia menuturkan tertorial pertama ada di Sumatera bagian utara, teritorial kedua ada di Sumatera bagian tengah, teritorial ketiga ada di Sumatera bagian selatan, teritorial 4 yaitu di Jawa bagian barat, dan serta beberapa teritorial lainnya.

"Dari 10 teritorial, kita melibatkan seluruh Pertamina. Dari teritorial 4 kita punya 23 Pertamina yang bisa dieksplor. Masing-masing Pertamina ini punya cerita yang bisa di-share teman-teman dijadikan pemberitaan untuk diperlombakan," kata Andar.

AJP 2022 menghadirkan 6 kategori karya yakni Kategori Media Cetak, Media Online, Kategori TV, Kategori Radio, Kategori Foto Essay dan Kategori CSR/UMKM Pertamina. Adapun khusus CSR/UMKM Pertamina, kategori ini dapat diikuti oleh seluruh insan media dari berbagai kanal baik cetak, online, TV maupun Radio.

Sementara kategori Foto Essay dapat diikuti jurnalis foto dengan beragam tema, termasuk tema CSR, UMKM, Olahraga dan lainnya.

Sedangkan persyaratannya, mengatakan untuk majalah, koran, tabloid dapat mengirimkan dalam bentuk kliping softcopy dalam format pdf atau doc dengan jumlah karakter lebih dari
2500 karakter.

Dan untuk media Online Mengirimkan dalam bentuk softcopy, format pdf atau p
rint halaman berita dalam bentuk jpeg/pdf berikut alamat URL halaman situs berita
tersebut. Adapun jumlah karakter berita lebih dari 2.500 karakter

Kemudian untuk Media Elektronik
(TV dan Radio), hasil karya dikirim dalam bentuk format MP4/AVI untuk TV dan
untuk radio dalam bentuk format
digital audio MP3/WAV serta bukti siar yang  disimpan dalam link google drive.

Sementara untuk Media Foto Jurnalistik
Dikirim dalam bentuk softcopy dengan
format jpeg/jpg dengan ukuran file
max. 2 MB dengan resolusi minimal 300 dpi. Karya foto yang dikirimkan
berikut judul foto serta caption berita
dari foto tersebut. Jika lebih dari
2MB, maka peserta wajib mengirimkan link google drive.

"Dan untuk PUBLIKASI CSR  Pengiriman karya disesuaikan dengan persyaratan di masing-masing media," tutunya.

SISTEM PENDAFTARAN AJP 2022

Mengatakan pengiriman karya melalui microsite AnugerahJurnalistikPertamina.com
Menurutnya para jurnalis akan mendapatkan e-mail konfirmasi penerimaan karya dan  tetap akan berinteraksi melalui email
[email protected] dan maksimal pengumpulan karya pada
tanggal 31 Oktober 2022.

"Karya-karya pemberitaan ini yang dipertandingkan adalah pemberitaan dari periode November 2021 hingga Oktober 2022. Jadi perlu diingat bahwa semua karya, semua berita yang akan dikirimkan untuk AJP 2022 adalah  periode November 2021 hingga Oktober 2022," tuturnya.

Sedangkan untuk seleksi dan penjurian teritorial, seleksi dilakukan terpusat kemudian teritori melalukan verifikasi
karya. Ada penjurian Teritori (Juri Lokal), penjurian di-supervisi Pusat.

Pada penjurian Nasional meliputi penjurian karya di tingkat nasional (Juri Nasional) dan kompetisi tingkat nasional diikuti oleh karya pemenang 1 setiap teritori.

Untuk pengumuman pemenang dilakukan  secara hybrid (online dan offline). Dan seluruh pemenang juara Pertama di seluruh Kategori akan di undang secara fisik ke Jakarta.

Pertamina juga telah mempersiapkan beragam hadiah menarik berupa uang tunai hingga kursus singkat di luar negeri.

"Pertamina menyediakan hadiah uang tunai dan kursus di luar negeri. Nantinya ada pemenang tingkat teritori dan tingkat nasional," ujar Andar.

"Hadiah pemenangnya dari teritorial itu juara 1 itu 7 juta, juara 2 itu 5 juta dan juara 3 itu 3 juta. Dan  finalnya sebesar 20 juta,15 juta dan 10 juta dalam bentuk cash. Dan yang menarik adalah best the best bahwa kita melakukan lagi kursus singkat tentang jurnalistik di London," pungkasnya.

Anggap Wajar Kenaikan Harga BBM, Nasdem: Untuk Menjamin Kesehatan Keuangan Pertamina

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar