•  

logo


Waspada Curah Hujan Ekstrem, 5 Makanan Ini Ampuh Cegah Flu

Seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mendukung kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

11 Oktober 2022 10:10 WIB

Illustrasi
Illustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Curah hujan yang ekstrem melanda hampir seluruh wilayah Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Kondisi ini tentu membuat seseorang rentan terkena penyakit seperti flu, demam, pilek.

Namun, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mencegah flu datang, salah satunya lewat konsumsi makanan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut asupan makanan yang bisa dilahap guna menangkal flu.

- Selada air
Makanan ini sangat rendah kalori namun kaya vitamin, mineral, dan padat nutrisi. Pada kenyataannya, selada air menempati peringkat makanan paling padat nutrisi. Adapun kandungan di dalamnya meliputi magnesium, kalsium, mangan, kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.


Ada Semut di Makananmu? Jangan Dimakan Lagi, Ini Alasannya

- Seledri
Seledri tinggi serat larut dan tidak larut serta kandungan mineral penting yang baik untuk sistem kekebalan. Sayuran ini juga membantu menetralkan asam dan racun di tubuh.

Selain itu, Seledri mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

- Alpukat
Menurut dr Gioffre, Alpukat adalah sumber Glutathione dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan. Alpukat juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E untuk mencegah penyakit flu.

- Vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan menstimulasi sel kekebalan tubuh. Sejumlah makanan dengan sumber vitamin C terbaik adalah paprika, brokoli, buah jeruk, dan berry.

- Zinc

Zinc adalah mineral yang diperlukan untuk perkembangan dan fungsi sel kekebalan. Makanan laut yang menjadi sumber Zinc antara lain tiram, kepiting, dan lobster.

Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Halaman: 
Penulis : Iskandar