logo


Negara Barat Ingin Negosiasi Ukraina-Rusia Mustahil Dilakukan

Jubir Kemenlu Rusia menilai negara-negara Barat tidak rela jika Ukraina melakukan negosiasi damai dengan Rusia

6 Oktober 2022 17:50 WIB

Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova
Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova telah menyatakan bahwa Barat memaksa Kiev untuk membuat negosiasi dengan Moskow menjadi tidak mungkin untuk dilakukan.

“Kami telah memperhatikan keputusan baru-baru ini oleh presiden Ukraina untuk menyetujui keputusan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina tentang “kemustahilan” bernegosiasi dengan presiden Rusia”, kata Zakharova kepada wartawan, Kamis (6/10), dikutip Sputniknews.

Pada kesempatan itu, Zakharova juga menyinggung soal perjanjian damai Minsk, sebuah perjanjian yang dimediasi oleh Jerman dan Perancis untuk menyelesaikan isu separatisme di Ukraina Timur. Menurutnya, Kiev pada awalnya "berpura-pura" untuk menaatinya, namun implementasi perjanjian tersebut tak kunjung direalisasikan atas permintaan negara-negara Barat.


Ukraina Ikut Dicalonkan sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

“Sudah pada saat itu jelas bahwa ini dilakukan atas perintah Barat, yang tidak menginginkan penghentian permusuhan [di Ukraina] dan berniat untuk melanjutkannya”, tegasnya.

Pada akhir bulan lalu, juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov menggarisbawahi bahwa Rusia tetap siap untuk bernegosiasi dengan Ukraina, jika pemerintahan Volodymyr Zelensky sudah merubah sikapnya terhadap Presiden Vladimir Putin

“Presiden [Rusia Vladimir Putin] mengatakan bahwa Rusia, tentu saja, mempertahankan kesediaannya untuk bernegosiasi. Tetapi ketika situasi berubah, begitu juga kondisinya, dan kami telah berulang kali membicarakan hal ini. Tetapi secara umum, prinsipnya tetap sama: semua tujuan operasi militer khusus [tetap sama]”, kata Peskov kepada wartawan.

Mulai November OPEC+ Pangkas Produksi Minyak, AS: Keputusan Picik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia