logo


Ukraina Ikut Dicalonkan sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Federasi Sepakbola Portugal dan Spanyol ikut memasukkan Ukraina sebagai salah satu calon negara tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2030

6 Oktober 2022 16:45 WIB

Piala Dunia
Piala Dunia istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Federasi Sepak Bola Portugal dan Spanyol, pada Rabu (5/10) memasukkan Ukraina sebagai salah satu calon negara tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030.

"FPF (Federasi Sepak Bola Portugal) dan RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) memasukkan Ukraina untuk bergabung dalam pencalonan Piala Dunia 2030. Kedua asosiasi tersebut mengkomunikasikan niat mereka kepada UEFA, yang segera menyatakan dukungan penuhnya," demikian tulis kantor berita Anadolu Agency dalam salah satu artikelnya.

Ketentuan peran Ukraina dalam tawaran itu "akan dibahas dan ditentukan pada waktunya," katanya.


Pertama Kalinya dalam Sejarah, Utang AS Tembus USD 31 Triliun

"Contoh ketekunan dan ketahanan rakyat Ukraina sangat menginspirasi, jadi inisiatif ini ditujukan untuk memberikan kontribusi bagi pemulihan negara selama periode rekonstruksi berkat kekuatan sepak bola," lanjutnya.

Seperti diketahui, Ukraina kini masih terlibat pertempuran dengan Rusia, sejak Moskow mengirimkan pasukannya untuk melancarkan operasi militer khusus ke negara tetangganya tersebut pada akhir Februari 2022 kemarin.

"Kami percaya bahwa keluarga sepak bola global akan merangkul dan mendukung inisiatif ini. Selamat datang Ukraina, dalam tawaran Piala Dunia 2030!" kata FPF dan RFEF dalam siaran persnya.

Menanggapi hal itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa tawaran dari Portugal dan Spanyol tersebut "lebih dari simbol keyakinan dalam kemenangan bersama kita."

"Ukraina akan bertahan, menang & dibangun kembali berkat solidaritas para mitranya. Bersyukur atas dukungan (dari) Spanyol & Portugal," kata Zelenskyy dalam cuitan Twitter.

Spanyol pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1982, sedangkan Portugal adalah tuan rumah EURO 2004, dan Ukraina adalah tuan rumah bersama EURO 2012 dengan Polandia.

Pada bulan Agustus, Argentina, Uruguay, Paraguay dan Chili juga sudah mengajukan tawaran bersama mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Mesir, Yunani dan Arab Saudi juga sedang dalam pembicaraan untuk menjadi tuan rumah bersama turnamen tersebut.

Sementara itu, Piala Dunia 2026 mendatang akan digelar di wilayah Amerika Utara, termasuk Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Beberapa Menteri di Jerman Beda Pendapat soal 'Perang dengan Rusia'

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia