•  

logo


Pertama Kalinya dalam Sejarah, Utang AS Tembus USD 31 Triliun

Sejak dilantiknya Joe Biden menjadi presiden AS pada Fabruari 2021, utang AS bertambah lebih dari USD 3 Triliun

6 Oktober 2022 16:16 WIB

mata uang Amerika Serikat, Dolar
mata uang Amerika Serikat, Dolar tagar.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Utang nasional Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam sejarah secara resmi telah melampaui $31 triliun. Hal itu dikonfirmasi oleh Departemen Keuangan pada hari Selasa pekan ini.

Menurut catatan Departemen Keuangan AS yang dirilis kepada publik, Pemerintah AS kini memiliki utang total mencapai $ 31.123.887.781.401 dan 34 sen pada 3 Oktober 2022. Padahal, pada saat Presiden Joe Biden dilantik pada Januari 2021 kemarin, utang negara tersebut hanya mencapai $27,75 triliun.

“(Utang) Itu $21 triliun hanya lima tahun yang lalu,” kata salah satu anggota Kongres dari Partai Republikan Chip Roy dalam postingan Twitter.


Elon Musk Beri Saran soal Penyelesaian Konflik Ukraina-Rusia, Moskow: Dia Mencari Hasil yang Damai

Utang nasional mencapai $19,94 triliun ketika Presiden Donald Trump menjabat pada 2017, dan meledak dalam beberapa tahun terakhir ketika Federal Reserve mencetak uang untuk menangani situasi pandemi Covid-19.

Sebagian besar utang dipegang oleh individu swasta, hingga $24 triliun, sementara utang kepada pemerintah asing berjumlah hampir $7 triliun. Sebagian besar dunia secara tidak langsung mensubsidi dolar AS sebagai mata uang cadangan global.

Selain mengumumkan utang nasional AS, Departemen Keuangan pada Selasa kemarin juga membuat pengumuman terkait pembentukan Komite Penasihat yang beranggotakan 25 orang untuk Kesetaraan Rasial. Komite itu nantinya akan “memberikan saran dan rekomendasi kepada Menteri Keuangan Jannet Yellen dan Wakilnya, Wally Adeyemo, tentang upaya untuk memajukan kesetaraan rasial dalam ekonomi dan mengatasi kesenjangan akut untuk komunitas non-kulit putih.”

Dunia dalam Bahaya jika Ukraina Gabung dengan NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia