logo


Desak NATO Tingkatkan Bantuan Senjata kepada Kiev, Polandia: Ukraina Harus Memenangkan Perang Ini

Menhan Polandia meminta NATO untuk meningkatkan dukungan militer dan bantuan kemanusiaan bagi Ukraina

4 Oktober 2022 23:10 WIB

Menhan Polandia Mariusz Blaszczak
Menhan Polandia Mariusz Blaszczak anadolu agency

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan bahwa sangat penting Ukraina memiliki kesempatan untuk mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah timurnya. Hal itu ia sampaikan dalam Forum Keamanan Warsawa yang digelar pada Selasa (4/10), beberapa hari setelah beberapa wilayah Ukraina di wilayah timur dan selatan memilih bergabung dengan Federasi Rusia melalui referendum.

"Sampai Rusia siap menerima solusi politik untuk konflik ini, menjamin keamanan jangka panjang Ukraina, kita perlu memberikan dukungan yang luas dan komprehensif untuk Ukraina," kata Blaszczak yang juga menjabat sebagai wakil perdana menteri Polandia, dikutip Anadolu Agency.

"Apa yang dapat dicapai Kyiv di meja perundingan sangat erat kaitannya dengan situasi di medan perang. Kita harus memaksimalkan tekanan pada Rusia untuk membatasi kemampuannya mengambil tindakan. Ukraina harus memenangkan perang ini," tambahnya.


Menlu Ukraina Kecam Saran Elon Musk soal Penyelesaian Konflik Ukraina-Rusia

Ia juga menyerukan dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dengan mengirimkan senjata, amunisi, penanganan peralatan, serta bantuan kemanusiaan.

“Hal ini juga penting untuk menjaga pintu NATO terbuka, untuk anggota baru, tanpa pengecualian, termasuk Ukraina,” kata Blaszczak.

Setelah Rusia melancarkan perang, Finlandia dan Swedia, keduanya mulai mendorong untuk bergabung dengan aliansi.

“Kami berharap bahwa kami tidak akan pernah lagi berada dalam situasi konflik bersenjata skala penuh di Eropa. Agresi Rusia telah menunjukkan ambisi kekaisaran Moskow, yang sama sekali tidak menghormati arsitektur keamanan Eropa," katanya, seraya menambahkan bahwa Belarus, yang telah membantu perang Rusia di Ukraina, harus menghadapi tekanan yang sama seperti Rusia sendiri.

“Kami sangat senang dengan pesan kuat dari Presiden AS Joe Biden di (KTT) Warsawa dan Madrid ketika dia berbicara tentang penguatan lebih lanjut pencegahan dan pertahanan yang diterapkan oleh AS terhadap Rusia. Sekarang saatnya untuk mempraktikkannya. Kepemimpinan AS benar-benar mendasar dalam keseluruhan proses,” tambahnya.

Hindari Mobilisasi Parsial, Ratusan Ribu Warga Rusia Melarikan Diri ke Kazakhstan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia