logo


Hindari Mobilisasi Parsial, Ratusan Ribu Warga Rusia Melarikan Diri ke Kazakhstan

Mendagri Kazakhstan mencatat bahwa jumlah warga Rusia yang memasuki wilayah Kazakhstan mengalami peningkatan setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan rencana mobilisasi parsial militer Rusia

4 Oktober 2022 22:58 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi anadolu agency

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri Kazakhstan Marat Akhmetzhanov pada Selasa (4/10) mengatakan bahwa ratusan ribu warga negara Rusia telah memasuki Kazakhstan untuk menghindari mobilisasi parsial yang diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 21 September 2022.

"Sementara itu, 147.000 warga Rusia telah meninggalkan negara itu, sementara 68 orang telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Kazakhstan," katanya kepada wartawan setelah pertemuan kabinet mingguan, dikutip Anadolu Agency.

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial, menyerukan hingga 300.000 tentara cadangan untuk dikerahkan ke Ukraina, sebuah langkah yang dilihat sebagai eskalasi konflik Ukraina.


Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Arah Jepang

Akhmetzhanov mengatakan bahwa otoritas Kazakhstan melaporkan adanya peningkatan penyeberangan ke negara itu setelah deklarasi mobilisasi parsial di Rusia.

“Pada hari Senin, 7.000 warga Rusia tiba di Kazakhstan, sementara 11.000 warga Rusia meninggalkan negara itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa arus masuk penumpang di titik penyeberangan perbatasan baru-baru ini mulai menurun.

Sementara itu, Menteri Pengembangan Digital, Inovasi, dan Industri Dirgantara Kazakhstan Mussin Bagdat mengatakan hampir 70.000 warga Rusia telah menerima nomor identifikasi individu yang ditentukan oleh pemerintah Kazakhstan bagi orang asing sejak 21 September 2022.

Bagdat mencatat bahwa warga Rusia diberikan nomor identifikasi individu tidak hanya untuk membuka rekening bank tetapi juga untuk mengontrol proses dimana mereka akan tinggal di negara itu.

Menlu Ukraina Kecam Saran Elon Musk soal Penyelesaian Konflik Ukraina-Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia