logo


Puan: Anggota Komnas HAM Terpilih Harus Meindungi Hak-hak Rakyat Secara Maksimal

Pengesahan calon anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR

4 Oktober 2022 21:17 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- DPR RI mengesahkan 9 calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Periode 2022-2027.

Ketua DPR RI PuanMaharaniberharapsemuaanggotaKomnas HAM terpilih itu dapat melindungi hak-hak rakyatsecara maksimal, khususnya hak-hak perempuan.

Pengesahan calon anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027 dilakukan dalam Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).


Tanggapi KS Putri Candrawathi versi Komnas Perempuan, Eko Kuntadhi: Mengganggu Akal Sehat

Agenda Rapat Paripurna pertama hari ini adalah menyetujui hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi III DPR mengenai 9 calon Anggota Komnas HAM pada 30 September lalu. Sebanyak 9 calon anggota Komnas HAM itu terpilih dari total 14 kandidat.

“Pimpinan Dewan mengucapkan selamat kepada calon Anggota Komnas HAM RI Periode 2022-2027. Semoga dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab dan amanah,” kata Puan yang memimpin Rapat Paripurna.

Adapun Anggota Komnas HAM terpilih tersebut adalah Atnike Nova Sigiro (Ketua), Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing. Terdapat tambahan jumlah anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dengan harapan agar kinerja Komnas HAM semakin efektif dan lebih cepat dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Puan pun mengapresiasi terpilihnya Atnike Nova Sigiro sebagai Ketua Komnas HAM yang baru menggantikan Ahmad Taufan Damanik. Atnike menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai Ketua Komnas HAM dalam sejarah Indonesia.

“Semoga dengan terpilihnya Ketua Komnas HAM perempuan, hak-hak perempuan Indonesia semakin terjamin,” ucap Puan.

Puan menambahkan, pemilihan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 telah memenuhi asas gender karena 3 dari 9 komisionernya datang dari kalangan perempuan.

Dia berharap anggota Komnas HAM terpilih dapat bekerja dengan penuh integritas, profesional, dan kredibel.

“Masyarakat Indonesia menantikan kerja-kerja terbaik dari anggota Komnas HAM yang baru,” pungkasnya.

Lie Detector Sangat Penting di Kasus Brigadir J, Komnas HAM: Karena Banyak Barang Bukti Dihilangkan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar