logo


Anies Baswedan Dideklarasikan Jadi Bacapres, KPK: Proses Penyelidikan Akan Terus Berlanjut

Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024

4 Oktober 2022 11:24 WIB

Pimpinan KPK Alexander Marwata
Pimpinan KPK Alexander Marwata kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024. Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan bahwa deklarasi tersebut tidak menghalangi KPK menghentikan pengusutan kasus dugaan korupsi ajang Formula E Jakarta.

"Apakah deklarasi capres akan menghalangi KPK untuk menghentikan atau melanjutkan proses ini? Tidak. Saya pastikan proses penyelidikan akan terus berlanjut sampai ditemukan satu titik terang apakah itu perkara pidana atau sebatas pelanggaran administrasi, atau mungkin perdata. Karena ini masih kami lanjutkan dan kami tidak terpengaruh dengan deklarasi yang bersangkutan sebagai capres oleh salah satu parpol," kata Alex kepada wartawan di gedung KPK, Senin (3/10).

Alex mengatakan bahwa KPK akan terbuka dalam penyelidikan kasus ini. Alex tidak ingin masyarakat curiga terhadap KPK.


Terkejut NasDem Deklarasikan Anies Baswedan, PKB: Kayak Ada yang Nguber

"Kami sudah mempertimbangkan juga bagaimana proses lidik itu kita buka saja supaya masyarakat, temen-temen wartawan juga mengetahui apa sih dari hasil lidik itu yang diperoleh oleh KPK. Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil apa yang mereka terangkan. Supaya apa? Supaya masyarakat tidak lagi curiga seolah-olah kami ini mengkriminalisasi seseorang," ujar Alex.

Alex mengatakan bahwa KPK tidak pernah menargetkan orang.

"Saya selalu sampaikan KPK tidak pernah menargetkan orang. Bahkan saya sampaikan beberapa kali bahwa KPK belum pernah menyebutkan seseorang sebagai tersangka karena masih dalam proses penyelidikan," ucapnya.

NasDem Deklarasikan Anies Baswedan, AHY Minta Kadernya Tak Khawatir dan Tingkatkan Elektabilitas

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata