•  

logo


Soal Invasi China ke Taiwan, Menhan AS: Saya Tidak Melihat Invasi Itu Akan Segera Terjadi

Menteri Pertahanan AS mengatakan bahwa dirinya meyakini jika invasi China ke Taiwan tidak akan terjadi dalam waktu singkat

3 Oktober 2022 17:27 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Al Arabiya

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Minggu (2/10) mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya potensi invasi dari China terhadap Taiwan. Meski demikian, ia menyebut China berusaha untuk meningkatkan intensitas kegiatan militernya di sekitar pulau itu.

Kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada awal Agustus kemarin diketahui sudah memicu kemarahan dari China, yang kemudian meningkatkan intensitas latihan militer di dekat pulau itu.

“Saya tidak melihat invasi itu (China ke Taiwan) akan segera terjadi,” kata Austin dalam sebuah wawancara yang disiarkan di CNN.


AS, Polandia dan Ukraina Dituduh Terlibat dalam Tindak Sabotase Jalur Pipa Gas Nord Stream

“Apa yang kami lihat adalah China bergerak untuk membangun apa yang kami sebut normal baru. Peningkatan aktivitas - kami melihat sejumlah penyeberangan garis tengah Selat Taiwan dengan pesawat mereka. Jumlah itu meningkat dari waktu ke waktu. Kami telah melihat lebih banyak aktivitas dengan kapal permukaan dan perairan mereka di dalam dan sekitar Taiwan,” tambah Kepala Pentagon itu.

Amerika Serikat dan sekutunya telah menanggapi latihan militer China tersebut dengan meningkatkan patroli melalui wilayah perairan tersebut. Sebuah kapal perang Angkatan Laut AS dan fregat Kanada tercatat melakukan transit rutin melalui Selat Taiwan pada 20 September.

Austin lebih lanjut mengatakan bahwa Amerika Serikat akan terus bekerja dengan sekutu dan mitranya "untuk memastikan bahwa kami mempertahankan wilayah perairan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Surat Kabar Perancis Sebut Rudal Hipersonik Rusia Terlalu Canggih untuk Diimbangi NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia