logo


Pemerintah Bentuk TGIPF Ungkap Kasus Kanjuruhan

Ketua TGIPF adalah Mahfud Md

3 Oktober 2022 11:12 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengungkap kasus Kanjuruhan.

"Presiden kemarin sudah menyatakan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada seluruh korban, dan memerintahkan kita untuk menguraikan instruksi yang kemarin disampaikan oleh Bapak Presiden, sehingga disimpulkan hal-hal sebagai berikut," kata Mahfud Md dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

"Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF," sambung Mahfud.


Soal Kerusuhan Kanjuruhan, Kapolri: Kami Serius dan Usut Tuntas

Mahfud mengatakan bahwa dirinya menjadi Ketua TGIPF. Soal keanggotaan TGIPF akan ditetapkan segera.

"Yang akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam. Yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama dalam 24 jam ke depan," ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan bahwa anggota TGIPF terdiri dari pejabat kementerian terkait, organisasi olahraga hingga media massa.

"Yang nantinya akan terdiri dari pejabat atau perwakilan kementerian yang terkait. Kemudian organisasi profesi olahraga sepakbola, pengamat, akademisi dan media massa," terang Mahfud.

"Nanti akan diumumkan secepatnya. Itu yang tugasnya kira-kira akan bisa diselesaikan dalam dua, tiga minggu ke depan," pungkas Mahfud.

Pemerintah Minta Polri Ungkap Pelaku Kerusuhan Kanjuruhan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata