logo


AS Nggak Yakin Rusia Bakal Gunakan Senjata Nuklir dalam Konflik Ukraina

Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengaku tidak yakin jika Rusia benar-benar akan menggunakan senjata nuklirnya dalam konflik Ukraina

2 Oktober 2022 20:51 WIB

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengatakan bahwa dirinya ragu jika Rusia akan menggunakan senjata nuklirnya, meski sebelumnya Presiden Vladimir Putin mengancam akan menggunakan senjata semacam itu untuk melindungi wilayah Rusia.

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan CNN yang disiarkan pada Minggu (2/10).

“Pergolakan pedang nuklir ini bukanlah hal yang kami harapkan dari para pemimpin negara-negara besar yang memiliki kemampuan (nuklir),” kata Austin, dikutip RT.com.


Penggabungan 4 Wilayah Ukraina dengan Rusia Membuat Situasi Konflik Tak Mungkin Bisa Diselesaikan

“Sama seperti [Putin] membuat keputusan yang tidak bertanggung jawab untuk menyerang Ukraina, Anda tahu, dia bisa membuat keputusan lain” untuk menggunakan senjata nuklir.

“Tetapi saya tidak melihat apa pun sekarang yang akan membuat saya percaya bahwa dia telah membuat keputusan seperti itu,” lanjutnya.

Austin mengungkapkan bahwa meskipun dia tidak berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu “dalam beberapa hari terakhir”, namun kepala Pentagon itu mengatakan bahwa dirinya sudah memperingatkan menteri pertahanan Rusia untuk tidak “mengambil jalan ini dan melakukan perilaku tidak bertanggung jawab semacam ini.”

Shoigu telah berulang kali menyatakan bahwa doktrin nuklir Rusia hanya mengizinkan penggunaan senjata semacam itu ketika “keberadaan negara terancam”. Shoigu pada bulan lalu juga menepis gagasan soal penggunaan nuklir dalam konflik Ukraina, dengan menyebut gagasan itu “tidak masuk akal.”

Ramzan Kadyrov Desak Rusia Gunakan Senjata Nuklirnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia