logo


Bukan Kasus Korupsi, Siaga 98 Tak Permasalahkan Febri Diansyah dan Rasamala Jadi Kuasa Hukum Kasus Sambo

Bergabungnya Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang tak perlu di persoalkan

30 September 2022 13:47 WIB

Juru bicara KPK Febri Diansyah.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Simpul Aktivis Angkatan (SIAGA) 98  tak mempermasalahkan bergabungnya Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang sebagai tim kuasa hukum Ferdi Sambo dan Putri Candrawathi di kasus pembunuhan berencana Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Bergabungnya Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang tak perlu di persoalkan, sebab Kasus Ferdi Sambo dan Putri Candrawathi bukanlah Kasus Korupsi," ujar Koordinator SIAGA 98, Hasanuddin di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Hasanuddin menuturkan bergabungnya Febri dan Rasamala haruslah dilihat secara positif.


Febri Diansyah Akan Objektif, Pengacara Brigadir J: Waktu Akan Membuktikan

Menurutnya dengan keterlibatannya sebagai pengacara FS dan PC akan berdampak pada kemurnian fakta pada peristiwa tersebut, sebab Febri dan Rasamala tak mungkin merekayasa peristiwa dan membuat pembelaan dengan cara melawan hukum.

"Integritasnya akan membuat optimisme pada pengungkapan peristiwa hukum tersebut. Kami (Siaga 98) tidak melihatnya dari sisi lain, selain integritas dan profesionalismenya akan berpengaruh positif pada posisi pembuktian, bukan pada soal keadilan," tuturnya.

Oleh karena itu, Hasanuddin melihat kritik teman-teman Febri dan Rasamala yang sama-sama eks KPK (Novel Baswedan dkk) yang memintanya agar mundur sebagai tim kuasa hukum FS dan PC tidaklah tepat.

Bahkan permintaan itu cenderung tidak memahami kedudukan pengacara sebagai bagian penegak hukum serta cenderung diskriminatif.

Menurutnya permintaan mundur itu semestinya ditujukan kepada Bambang Widjajanto (Eks Pimpinan KPK) yang seringkali terlibat membantu koruptor dan berhadap-hadapan dengan institusi yang pernah membesarkannya (KPK).

"Jadi tidak ada konflik of interest yang dilakukan Febri dan Rasamala, berbeda dengan Bambang Widjajanto. Secara moral, Febri dan Rasamala masih on the track, setidaknya dalan peristiwa FS dan PC," pungkasnya.

Kawal Persidangan Kasus Ferdy Sambo, Komisi Yudisial: Untuk Menjaga Kemandirian Hakim

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar