logo


Malaysia Cabut Aturan Wajib Masker di Pesawat, DPR: Bisa Dijadikan Refleksi untuk Indonesia

Malaysia sudah menghapus aturan kewajiban memakai masker di pesawat

30 September 2022 12:51 WIB

Masker N95
Masker N95 istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kebijakan Malaysia yang sudah menghapus aturan kewajiban memakai masker di pesawat dinilai bisa menjadi refleksi untuk Indonesia.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae mengatakan Indonesia perlu memantau setiap perkembangan Malaysia dalam penerapan kebijakan tersebut.

Namun, ia menyebut akan lebih baik bila soal kebijakan memakai masker di pesawat dikembalikan lagi kepada kebutuhan masyarakat Indonesia.


Bersyukur Program Kompor Listrik Dibatalkan, Mulan Jameela: Semoga Bisa Meredakan Gejolak Masyarakat

Selain itu, menurutnya ini menjadi catatan juga bagi pemerintah Indonesia untuk tidak ada paksaan kepada masyarakat soal kebijakan masker tersebut.

"Jadi jangan sampai ada paksaan kepada masyarakat untuk diharuskan memakai masker di pesawat," kata Ridwan kepada Wartawan, Kamis (29/09/2022).

Politisi Partai Golkar tersebut juga menuturkan bila kebijakan masker tersebut tergantung pada kebutuhan masyarakat namun tetap dengan catatan tertentu.

Dalam hal ini, ujar Ridwan sektor penerbangan juga perlu menyiapkan aturan bagi masyarakat yang ingin melepaskan masker di pesawat.

"Prokes tetap penting jadi ada catatan tertentu bila ingin lepas masker asal jangan ada paksaan terhadap masyarakat," tuturnya.

Menutup pernyataanya, Mantan Bupati Muna tersebut menyatakan saat ini angka covid di Indonesia sudah melandai.

Meski begitu, Ia menyatakan baik masyarakat dan pihak terkait seperti pemerintah dan pengelola sektor penerbangan harus tetap bekerja sama untuk tidak lengah.

"Angka covid sudah melandai sekarang jadi bisa sedikit dilonggarkan tapi tetap jangan lengah," pungkasnya.

Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di DPR, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar