logo


Trump Sebut Tindakan Sabotase terhadap Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Bisa Picu Perang Dunia III

Mantan Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan bahwa AS kemungkinan terlibat dalam tindak sabotase yang menyebabkan kerusakan pada jalur pipa gas Nord Stream 1 dan Nord Stream 2

30 September 2022 12:52 WIB

Donald Trump
Donald Trump ABC News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa dugaan sabotase yang menyebabkan kerusakan pada jalur pipa gas Rusia-Jerman di Laut Baltik, Nord Stream 1 dan 2, bisa memicu terjadinya Perang Dunia III.

Dalam platform media sosial Truth Social pada Rabu (28/9), Trump memposting sebuah video yang diambil pada bulan Februari kemarin, dimana pada saat itu Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa "jika Rusia menyerang (Ukraina), maka tidak akan ada lagi Nord Stream 2. Kami akan mengakhirinya."

Saat Biden ditanya bagaimana Washington bisa mengakhiri operasional Nord Stream, sedangkan jalur pipa tersebut berada di bawah kendali pemerintah Jerman, ia menjawab: "Saya berjanji kepada anda, kami dapat melakukannya".


Usaha Ukraina Kacaukan Situasi Internal Rusia Tak Akan Pernah Sukses

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Joe Biden itu, Trump mengatakan:

“Wah, pernyataan yang luar biasa. Perang Dunia III, semuanya?” tulis Trump, dalam komentar singkat di bawah video.

Postingan itu jelas merupakan sindiran sekaligus pukulan terhadap Joe Biden. Trump mengisyaratkan bahwa AS kemungkinan terlibat dalam upaya pengrusakan terhadap jalur pipa gas tersebut.

Seperti diketahui, saat masih menjabat sebagai presiden AS, Trump menjatuhkan kebijakan sanksi terhadap semua pihak yang ikut terlibat dalam proses pembangunan maupun operasional jalur pipa gas Nord Stream 2. Menurut Trump, sanksi tersebut diberlakukan untuk mengurangi ketergantungan Uni Eropa pada pasokan energi Rusia.

"Semua orang tertawa pada saat itu, tetapi kini mereka tidak bisa tertawa lagi!" tegas Trump.

Desak Digelarnya Negosiasi, Trump Minta AS Tak Perkeruh Konflik Ukraina-Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia