logo


Bikin Petisi Online, Senator Australia Berharap Negaranya Keluar dari Perjanjian AUKUS

Seorang senator Australia dari Partai The Greens mengatakan bahwa dirinya berharap Canberra menarik diri dari perjanjian AUKUS karena berpotensi merusak hubungan antara Australia dengan negara di kawasan

29 September 2022 19:07 WIB

Ilustrasi Kapal Selam
Ilustrasi Kapal Selam istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seorang senator Australia Jordan Steele-John pada hari Kamis mengajukan petisi di parlemen negara itu yang menuntut Canberra untuk menarik diri dari pakta trilateral AUKUS serta menghentikan "integrasi" antara militer Australia dan Amerika.

“Dengan dukungan lebih dari 26.000 (tanda-tangan) dari Anda, kami telah mengambil langkah besar dalam menunjukkan kepada parlemen bahwa kami tidak akan membantu Amerika Serikat mengacaukan kawasan kami dan memusnahkan armada kapal selam kami dalam prosesnya,” kata senator dari Partai The Greens, dalam situs Change.org.

Partai tersebut memiliki 12 senator dalam Senat Australia yang beranggotakan 76 orang. Dengan demikian, partai tersebut merupakan kekuatan politik terbesar ketiga di Australia, di belakang Partai Buruh yang kini menguasai pemerintahan dan Koalisi Liberal-Nasional yang merupakan pihak oposisi.


NATO Tak Akan Tinggal Diam jika Rusia Nekat Gunakan Senjata Nuklir dalam Konflik Ukraina

Steele-John mengatakan bahwa Australia berada pada “titik pengambilan keputusan yang vital” dalam hal bagaimana negara tersebut ingin “berinteraksi dengan tetangga kita” secara luas.

Ia mengatakan bahwa “krisis iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan “upaya memperluas ketidaksetaraan kekayaan” membutuhkan kerja sama global di antara negara-negara besar.

“Pakta AUKUS merusak semua ini karena kita tidak dapat bernegosiasi dengan satu tangan dan menodongkan senjata dengan tangan yang lain,” katanya.

Meski demikian, Steele-John mengaku ragu jika petisi tersebut dapat memaksa pemerintah Australia untuk menghentikan pengembangan kapal selam berteknologi nuklir dibawah perjanjian AUKUS.

“Saya berharap saya dapat memberi tahu Anda bahwa pengajuan petisi ini akan menjadi akhir dari itu dan pemerintah akan melihat dukungan untuk kebijakan luar negeri yang lebih damai dan independen dan tentu saja benar. Kenyataannya sayangnya mereka mungkin tidak akan melakukannya,” katanya.

Serbia Terancam Kena Hukuman dari Uni Eropa jika Tak Ikut Jatuhkan Sanksi Anti-Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia