logo


NATO Tak Akan Tinggal Diam jika Rusia Nekat Gunakan Senjata Nuklir dalam Konflik Ukraina

Menlu Polandia mengatakan bahwa NATO akan mengeluarkan respon yang menghancurkan jika Rusia benar-benar menggunakan senjata nuklirnya

29 September 2022 18:41 WIB

Ilustrasi pasukan NATO
Ilustrasi pasukan NATO www.nato.int

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau memperingatkan bahwa NATO akan mengeluarkan tanggapan yang "menghancurkan" jika Rusia benar-benar menggunakan senjata nuklirnya dalam konflik Ukraina. Ia menambahkan bahwa NATO hanya akan menggunakan senjata konvensionalnya saja karena ancaman Rusia tidak ditujukan kepada blok tersebut.

“Sepengetahuan kami, Putin mengancam akan menggunakan senjata nuklir taktis di tanah Ukraina, bukan untuk menyerang NATO, yang berarti bahwa NATO harus merespons dengan cara konvensional,” kata Rau saat tampil di program NBC News Meet the Press pada Rabu (28/9).

“Tetapi responsnya akan menghancurkan, dan saya kira ini adalah pesan yang jelas yang dikirim oleh aliansi NATO kepada Rusia untuk saat ini,” tambahnya.


Dituduh Terlibat Tindak Sabotase terhadap Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman, AS: Tidak Masuk Akal

Pada Minggu (25/9) Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga memberikan ancaman kepada Rusia jika nekat menggunakan senjata nuklirnya di Ukraina. Menurut Blinken, langkah Rusia tersebut akan membawa "konsekuensi yang mengerikan".

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada pekan lalu sudah mengumumkan mobilisasi parsial tentara Rusia, dan akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan integritas teritorialnya dari ancaman pihak musuh.

“Jika integritas teritorial negara kita terancam, kita pasti akan menggunakan semua cara yang kita miliki untuk membela Rusia dan rakyat kita. Itu bukan gertakan,” kata Putin.

Meski Putin tidak secara gamblang menyatakan bahwa dirinya akan menggunakan senjata nuklir untuk melindungi keamanan nasional Rusia, namun banyak pihak yang menyimpulkan "semua cara" yang dimaksud oleh Putin itu termasuk dengan penggunaan senjata nuklir.

China Tak Rela Isu Taiwan Disamakan dengan Konflik Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia