logo


Empat Wilayah Ukraina Gabung Rusia, Moskow: Mereka Telah Membuat Pilihan dengan Sadar

Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan pernyataan terkait hasil referendum yang digelar di empat wilayah Ukraina

29 September 2022 13:42 WIB

Istana Kepresidenan Rusia, Kremlin, di Moskow
Istana Kepresidenan Rusia, Kremlin, di Moskow Republika

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa bergabungnya empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk dan Lugansk di provinsi Donbass, serta Kherson dan Zaporozhye, dengan Federasi Rusia melalui referendum sudah sesuai dengan keinginan penduduk yang tinggal di wilayah-wilayah tersebut.

"Hasil pemungutan suara berbicara: penduduk Donbass, Kherson dan Zaporozhye tidak ingin kembali ke kehidupan lama mereka dan mereka telah membuat pilihan dengan sadar dan bebas untuk mendukung Rusia," bunyi pernyataan kementerian itu, dikutip Sputniknews.

Kementerian menekankan bahwa pemungutan suara diadakan sesuai dengan norma dan prinsip hukum internasional, mengutip Kovenan Internasional 1966 tentang Hak Sipil dan Politik, Kesepakatan Helsinki 1975. Referendum tersebut juga sama seperti keputusan Mahkamah Internasional tahun 2010 untuk wilayah Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia.


PM Hungaria Sebut Kebijakan Sanksi Lebih Rugikan Uni Eropa daripada Rusia

Setelah hasil referendum diumumkan, Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia dan mantan Presiden Dmitry Medvedev mengklaim dalam posnya di Telegram bahwa hasil referendum "jelas" dan menyapa orang-orang di wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporozhye, dengan mengatakan "Selamat datang kembali di Rusia!"

Alami Kebocoran, Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Kemungkinan Tak Bisa Diperbaiki

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia