logo


Konflik Ukraina Meningkat, Puluhan Ribu Warga Rusia Melarikan Diri ke Georgia

Kementerian Dalam Negeri Georgia melaporkan bahwa lebih dari 78 ribu warga Rusia sudah memasuki wilayah Georgia dalam sepuluh hari terakhir

28 September 2022 19:15 WIB

Puluhan ribu warga Rusia memasuki wilayah Georgia dalam 10 hari terakhir
Puluhan ribu warga Rusia memasuki wilayah Georgia dalam 10 hari terakhir anadolu agency

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lebih dari 78.000 warga Rusia dilaporkan telah memasuki wilayah Georgia dalam 10 hari terakhir setelah Moskow memanggil pasukan cadangan di negara itu untuk berperang di Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikutip Anadolu Agency, Kementerian Dalam Negeri Georgia mengatakan bahwa hampir 78.800 warga Rusia telah memasuki negara Kaukasia Selatan dalam waktu sepuluh hari terakhir, sementara lebih dari 62.000 lainnya telah kembali ke negara mereka.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial, memanggil hingga 300.000 tentara cadangan untuk ditempatkan ke Ukraina, sebuah langkah yang dilihat sebagai eskalasi perang yang dimulai pada Februari kemarin.


Ukraina Berhak Gunakan Senjata AS untuk Rebut Kembali Wilayahnya yang Dikuasai Rusia

Pihak berwenang Georgia sejak itu telah mengambil langkah-langkah keamanan tambahan di wilayah Kazbegi yang terletak di perbatasan kedua negara.

Menteri Dalam Negeri Vakhtang Gomelauri mengatakan kepada wartawan bahwa jumlah warga Rusia yang memasuki Georgia dari tetangga utaranya telah meningkat 40-45% selama seminggu terakhir.

Pada tahun 2008, konflik lima hari yang disebut sebagai konflik Ossetia Selatan pecah antara Georgia dan Rusia atas wilayah Ossetia Selatan dan Abkhazia yang memisahkan diri.

Tbilisi akhirnya kehilangan kendali atas kedua wilayah tersebut dan Rusia kemudian mengakuinya sebagai negara merdeka. Sebagai tanggapan, Georgia memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia.

Sejauh ini, kedua wilayah, baik Ossetia Selatan maupun Abkhazia, tetap menjadi wilayah Georgia yang diakui secara internasional.

Ekspor Produk Lithium Argentina Tahun 2025 Capai 200 Ribu Ton

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia