logo


Ekspor Produk Lithium Argentina Tahun 2025 Capai 200 Ribu Ton

Argentina, bersama Bolivia, dan Chili, merupakan negara-negara di Amerika Latin yang memiliki cadangan lithium terbesar di dunia.

28 September 2022 18:40 WIB

Argentina
Argentina istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - CEO perusahaan tambang Argentina YPF Litio, Roberto Salvarezza, mengatakan bahwa negaranya dapat mengekspor sekitar 200.000 ton produk lithium pada tahun 2025 mendatang. Argentina sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan litium terbesar di dunia.

Salvarezza menambahkan bahwa perusahaannya akan memulai eksplorasi lithium bulan depan di provinsi Catamarca. Ini akan menjadi proyek pertama negara yang dimiliki oleh perusahaan nasional.

"Bayangkan saja, setiap ton lithium karbonat saat ini berharga $70.000... Argentina dapat memiliki sekitar 200.000 ton lithium karbonat untuk ekspor pada tahun 2025," kata Salvaressa, dikutip Sputniknews.


Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Rusak, AS: Ini Mungkin Hasil dari Serangan

Menurutnya, ada sekitar 20 proyek lithium di Argentina, dimana hampir semuanya dikembangkan oleh perusahaan asing.

Argentina, bersama Bolivia, dan Chili, merupakan negara-negara di Amerika Latin yang memiliki cadangan lithium terbesar di dunia.

Sebelumnya, Bolivia juga bermaksud untuk meluncurkan pabrik pertama untuk produksi lithium karbonat pada tahun depan. Wakil Menteri Teknologi Bolivia Alvaro Arnes mengatakan bahwa mereka bermaksud mengirim pasokan litium karbonatnya kepada Rusia dan China.

Ukraina Berhak Gunakan Senjata AS untuk Rebut Kembali Wilayahnya yang Dikuasai Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia