logo


Syarat Tinggi Badan Masuk TNI Diturunkan, Fadli Zon: Untuk Mengakomodir Kepentingan Tertentu?

Fadli Zon menyebut seharusnya syarat tinggi badan menjadi calon taruna TNI dinaikan bukan diturunkan

28 September 2022 13:48 WIB

Fadli Zon
Fadli Zon Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mengkritik langkah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang merevisi Peraturan Panglima TNI Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerimaan Prajurit TNI. Dimana dalam aturan tersebut, syarat tinggi badan dan umur diturunkan dari ketentuan sebelumnya.

"Seiring kemajuan bangsa, harusnya aturan penerimaan soal tinggi badan dinaikkan, bukan diturunkan," cuit Fadli Zon di akun Twitter pribadinya, Rabu (28/9/2022).

Anggota Komisi I DPR itu mengaku tidak tahu alasan penurunan tinggi badan dan batas usia dalam penerimaan calon taruna TNI. Ia curiga keputusan tersebut dilakukan untuk mengakomodir pihak tertentu untuk menjadi prajurit TNI.


Soal Dugaan Prabowo Dijegal Nyapres, Fadli Zon: Wajar dalam Politik

"Saya tidak tahu alasannya apa, apakah untuk mengakomodir kepentingan tertentu atau memperluas akses bagi masyarakat yang berminat masuk TNI," ujarnya.

Ia menyebut seharusnya syarat tinggi badan menjadi calon taruna TNI dinaikan bukan diturunkan. Hal itu, kata dia, berkaca dengan tentara di luar negeri yang memiliki postur badan yang tinggi.

"Apapun, generasi muda sekarang lebih tinggi-tinggi ketimbang di masa lalu karena faktor gizi dan gaya hidup sehat. Di negara lain kita melihat, tentara generasi baru badannya juga semakin tinggi," lanjutnya.

Jadi Calon Taruna TNI Kini Lebih Mudah, Syarat Umur dan Tinggi Badan Diturunkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati