logo


8 Tips Cara Efektif Jualan Melalui WhatsApp

Timeline menjadi penuh, dan biasanya yang paling atas kurang mendapat perhatian.

28 September 2022 11:49 WIB

Whatsapp
Whatsapp Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Besarnya pengguna media sosial membuat ketergunaan media tersebut kerap kali digunakan untuk mengumumkan sesuatu kepada publik, dengan kata lain media promosi yang gratis.

Apakah efektif berpromosi di media sosial?. Melihat jumlah pengguna media sosial sekilas kita memiliki kesimpulan demikian, akan tetapi jika diperhatikan, setiap hari jutaan orang log in untuk berpromosi. Timeline menjadi penuh, dan biasanya yang paling atas kurang mendapat perhatian.

Sebut saja WhatsApp (WA), media sosial percakapan ini biasanya sudah disertakan sebagai aplikasi bawaan handphone (hp) ketika seseorang membeli hp baru. Mungkin untuk pribadi, pesan yang kita dapatkan tidak begitu banyak, coba anda lihat apabila anda masuk kedalam grup sosial di WA. Tak jarang dari banyaknya percakapan itu membuat hp seolah bekerja sangat lambat.


Aji Santoso Dukung Penuh Regulasi PSSI Soal Pemain Muda U-23

Di sini kita akan sedikit mengetahui bagaimana supaya pesan yang kita kirimkan melalui Whatsapp dapat efektif?. Dalam artian, orang dalam jumlah banyak mengerti apa yang kita ketik. Sebagai contoh ketika kita akan mempromosikan semisal bisnis jasa fotografi produk. Informasi dibawah ini setidaknya kita dapat mengerti cara yang paling efektif ketika kita akan mempromosikan bisnis.

Sebelum berbicara mengenai efektifitas WhatsApp untuk berpromosi, kita harus mengetahui algoritma status WhatsApp, karena cara singkat untuk berpromosi adalah melalui status WhatsApp.

Algoritma Status

Algoritma status WA akan mengurutkan pembaruan status berdasarkan relevansinya, bukan lagi urutan kronologis. Algoritma ini menggunakan metode yang cukup rumit. Sistem akan membaca status siapa yang paling sering dilihat pengguna lain, dan berinteraksi dengan siapa pengguna paling sering berkirim pesan.

Seperti laporan Mashable, yang melaporkan bahwa algoritma WA tidak akan seperti Facebook dan Instagram. Whatsapp tidak mengumpulkan banyak data milik penggunanya. Algoritma ini tidak akan mengubahnya, karena informasi yang diperlukan akan disimpan di ponsel pengguna, tidak pada server WA.

Tips berikut adalah cara efektif menggunakan WA sebagai media promosi, tentu tips ini akan mengikuti algoritma diatas.

  1. Gunakan Nomor Khusus untuk bisnis

Menggunakan nomor khusus untuk bisnis bertujuan agar informasi yang anda buat atau anda dapatkan bisa terbih terarah dan terfokus untuk bisnis saja. Gunakan fitur WhatsApp Business, banyak fitur-fitur yang bisa anda manfaatkan untuk menunjang bisnis anda.

  1. Buat Planning dan Target

Sama halnya dengan strategi marketing yang lainnya, anda pun harus membuat plan (rencana) serta target pemasaran yang akan anda lakukan. Seperti contoh fotografi produk. Dalam fotografi produk, kita menawarkan jasa pengambilan gambar suatu produk dari suatu brand agar orang bisa mengerti bentuk fisik dan fungsi dari produk itu sendiri. Semisal produk fashion, sedemikian rupa didalam pikiran orang ada keinginan untuk membeli produk fashion tersebut.

Planning dari fotografi fashion seperti contoh menjual produk fashion dengan target kalangan remaja atau anak sekolah. Anda harus mengerti bagaimana membuat foto produk yang sudah mengikuti tren remaja saat ini. Anda harus membuat foto semenarik mungkin, bisa disertakan dengan model foto.

Nah, anda sebagai penjual jasa fotografi produk, anda harus mempertimbangkan harga jika menggunakan model ataupun tidak menggunakan model. Kemudian sebagai dasar untuk menentukan harga, anda sebelumnya sudah memiliki bayangan bagaimana cara anda memfoto produk fashion, sehingga anda dapat memperkirakan alat-alat apa saja yang anda gunakan.

  1. Fokus membuat isi konten yang mengedukasi

Anda harus memanfaatkan fasilitas WhatsApp story, fasilitas ini memiliki peran sebagai konten yang anda buat dan disebarkan kepada calon konsumen. Sehingga konsumen membayar untuk suatu produk yang dia inginkan. Anda bisa mengedukasi orang dengan memberikan pengetahuan tentang manfaat fotografi produk.

Fotografi produk memiliki manfaat untuk membangun reputasi bisnis, ini merupakan komponen penting dari proses branding, dimana suatu perusahaan memiliki produk yang akan mewakili perusahaan. Orang tidak hanya tahu produknya, tetapi juga mengenal perusahaannya.

Manfaat yang kedua dari fotografi produk adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Konten dalam bentuk visual memiliki peluang yang besar untuk dibagikan di media sosial, jika dipersentasekan mencapai 40%. Sama halnya dengan foto produk yang anda upload. Itu survey yang pernah dilakukan oleh seattlewebdesign.

Manfaat yang ketiga adalah memikat lebih banyak customers. Jika anda sering berbelanja online, anda tidak akan punya waktu untuk melihat seluruh produk yang ditawarkan. Orang memiliki kecenderungan hanya melihat foto produk yang dibuat semenarik mungkin. Foto yang menarik bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk.

  1. Gunakan kata-kata promosi

Saat membuat kata-kata promosi, anda sebisa mungkin menceritakan bisnis anda. Anda bisa memulai dari cerita membangun bisnis dan proses membangun bisnis. Anda bisa membuat studi kasus, yang kemudian dikenal dengan testimoni, dimana orang yang pernah menggunakan jasa fotografi produk memiliki perasaan puas akan hasil foto kita, dan berkomentar positif tentang jasa kita. Testimoni dapat anda sertakan pada kata-kata promosi.

  1. Buat konten promosi yang mengikuti tren

Anda harus menyesuaikan tren yang saat ini sedang terjadi, sebagai referensi, anda dapat melihat media sosial Tiktok. Jika anda menjadikan platform Tiktok sebagai referensi, anda sudah bisa mengikuti tren saat ini.

  1. Miliki kontak WhatsApp sebanyak mungkin

Terkait dengan algoritma status WA, agar status anda muncul di WA orang lain, anda harus menyimpan kontak dari orang tersebut. Miliki paling sedikit adalah 500 kontak.

  1. Membuat list building

Anda pasti memiliki media sosial selain WA untuk sarana promosi, seperti misalnya Facebook dan Instagram. Anda dapat mencantumkan nomor WA di kedua platform tersebut. Lebih baik jika anda mencantumkan nomor dan bukan link. Hal tersebut dikarenakan algoritma WA mengharuskan konsumen untuk menyimpan nomor WA produsen sebagai kontak, demikian sebaliknya.

  1. Terapkan metode closing

Metode closing yang dikenal saat ini adalah menggunakan tehnik AIDA yang merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action.

Sebelum anda menjual jasa/produk secara langsung, ada baiknya anda membuat potongan-potongan media promosi anda sebagai petunjuk atau kisi-kisi mengenai produk/jasa yang anda tawarkan (membuat teaser). Dengan cara demikian, akan membuat konsumen sadar akan jasa/produk anda, tertarik, kemudian memakai jasa atau membeli produk anda.

Disini sebagai contoh fotografi produk fashion, jika ada perusahaan yang menggunakan jasa anda, maka anda sudah bisa mengerti bahwa pada akhirnya foto yang anda hasilkan bisa dikombinasikan dengan materi promosi perusahaan yang memakai jasa anda. Ini tidak mudah, anda bisa saja membutuhkan waktu berhari-hari untuk berdiskusi dengan orang marketing sebelum anda mulai memotret.

Tidak mudah bukan untuk menjual jasa fotografi produk fashion?. Dengan tingkat kesulitan yang sedemikan rupa, tidak mengherankan jika harga jasa foto produk fashion menjadi mahal. Selain itu, foto produk kita harus benar-benar membuat tampilan produk itu menjadi lebih menarik dibandingkan produk lain. Untuk hal ini, pengalaman dalam membuat foto produk akan menentukan.

Delapan tips diatas mungkin bisa anda terapkan untuk memulai mempromosikan bisnis anda melalui WhatsApp. Efektif atau tidaknya anda sendiri yang menentukan tips yang mana yang akan anda gunakan. Selamat berbisnis!.

Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar