logo


Pertamina Minta Maaf soal Beli Bensin Pakai Kartu ATM Kena Biaya Rp5 Ribu, Operator SPBU Disanksi

Pertamina akan memperketat pengawasan karena operator SPBU telah merugikan pelanggannya.

28 September 2022 09:58 WIB

Pengisian BBM di SPBU
Pengisian BBM di SPBU pertamina.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) menyampaikan permohonaan maaf kepada pelanggan SPBU yang dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000 saat membeli bahan bakar minyak (BBM) menggunakan kartu debit BCA pada mesin EDC (Electronic Data Capture) Bank Mandiri.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan bahwa pihaknya akan memperketat pengawasan karena operator SPBU telah merugikan pelanggannya.

"Melalui penelusuran, pihak SPBU menemukan adanya kesalahan dari operator a.n Sdr Ferdi. Sehubungan dengan kejadian tersebut, Pertamina minta maaf atas kerugian yang dialami oleh konsumen @Apinka, serta akan memperketat pengawasan operasional SPBU," kata dia seperti dilansir detikcom, Rabu (28/9/2022).


BPH Migas Minta Warga Ubah Perilaku Konsumtif BBM

Eko menegaskan bahwa hal itu murni kesalahan operator SPBU. Ia menyebut operator SPBU atas nama Ferdi telah diberi sanksi secara tertulis.

"Saat ini pihak SPBU (PT Puriampera Intipratama) telah memberikan sanksi resmi secara tertulis kepada operator a.n Sdr Ferdi. Pihak SPBU juga dalam proses menghubungi konsumen @Apinka24 untuk proses pengembalian saldo," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi pelanggan tersebut yang telah bersuara terkait kecurangan dalam pengisian BBM.

"Pertamina mengapresiasi laporan dari masyarakat mengenai tindakan penyelewengan di SPBU. Apabila masyarakat membutuhkan informasi mengenai produk dan layanan, maupun ingin menyampaikan laporan, dapat menghubungi Call Center 135," pungkasnya.

Sebelumnya, akun Twitter @apinka24 mempertanyakan mengapa dirinya diminta membayar Rp 5.000 usai mengisi BBM menggunakan kartu debit.  

"Apakah admin 5rib ini berlaku disemua spbu ya?" tanya akun @apinka24.

Cuitan itu pun langsung menjadi pembicaraan netizen hingga Pertamina menjadi trendingg topik hingga saat ini.

Kisah Mitra Binaan Pertamina, Lestarikan Bisnis Makanan Legendaris

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati