logo


Bukannya ke Negara Miskin, Sebagian Besar Ekspor Bahan Pangan Ukraina Justru Menuju Uni Eropa

Presiden Rusia mengatakan bahwa sebagian besar pasokan biji-bijian asal Ukraina menuju ke wilayah Uni Eropa

27 September 2022 21:43 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin Sputniknews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan bahwa pasokan biji-bijian dari Ukraina tidak mencapai negara-negara termiskin meskipun Rusia sudah mengangkat isu ini beberapa bulan lalu.

“[…] Kami telah berulang kali menunjukkan masalah ini, tetapi semuanya sia-sia,” katanya pada hari Selasa, menambahkan bahwa semua orang menutup telinga terhadap masalah ini.

Presiden Rusia menambahkan bahwa pada 23 September 2022, dari 203 kapal yang meninggalkan pelabuhan Ukraina, hanya empat yang pergi ke negara-negara termiskin di bawah program PBB.


Korea Selatan Enggan Bantu AS Pertahankan Taiwan

Dari 46 kapal yang dikirim sejak hari Senin hingga Jumat pekan lalu, 14 kapal mengindikasikan Turki sebagai negara tujuan atau negara perantara, dan 25 dari 32 kapal sisanya, menuju ke wilayah Uni Eropa.

Dia juga mengatakan pada hari Selasa bahwa situasi dengan pasokan makanan yang dikirim ke negara-negara termiskin tidak berubah dan bahwa "itu adalah penipuan total oleh Barat."

“Harga pangan di pasar dunia telah kembali ke level awal tahun, dan saat ini 40 persen lebih tinggi dari tahun 2020. Ini adalah konsekuensi langsung - tanpa berlebihan - dari kebijakan predator yang dilakukan oleh negara-negara terkaya dunia, yang terus aktif membeli pasokan makanan menggunakan, antara lain, pencetakan uang, yang terus-menerus mereka lakukan”, kata Putin.

Menurutnya, impor pangan AS mencapai $218,6 miliar pada 2022, atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya $185,1 miliar.

“Yang penting, volume impor [makanan] AS melebihi ekspor sebesar $22,3 miliar. Pada tahun-tahun sebelumnya, ekspor melebihi impor, yaitu AS saat ini mengimpor lebih banyak makanan dari pasar dunia daripada yang dijualnya,” tambah Putin.

Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Rusak, Moskow: Sangat Mengkhawatirkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia