logo


Jelang Ramadhan, Pertamina Siapkan Langkah Jitu Pasokan BBM

Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM dan Elpiji sudah aman saat Ramadhan datang

10 Juni 2015 13:20 WIB

Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM sudah aman saat Ramadhan datang.
Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM sudah aman saat Ramadhan datang.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, PT Pertamina (Persero) Tbk mengaku, telah menyiapkan langkah-langkah guna memastikan amannya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji.

Direktur Pemasaran Pertamina, Achmad Bambang mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan Elpiji pada saat puasa dan lebaran nanti.

"Pengalaman untuk puasa dan lebaran dari dulu tidak ada yang terlalu istimewa. Sebelum puasa sudah build up stock terutama untuk mudik dan arus balik," ungkap Bambang dalam konferensi persnya di Terminal Pengisian Bahan Bakar Plumpang, Jakarta, Rabu (10/6).


Mitra Binaan Pertamina 'Cailate' Populerkan Bandrek Hingga ke Belanda

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut Bambang, selama puasa dan lebaran memang akan terjadi kenaikan. Diperkirakan, kenaikan BBM dan Elpiji bisa mencapai 18% dari biasanya.

Dirinya menambahkan, dari rata-rata harian normal sebesar 76.258 Kiloliter (KL), bisa naik menjadi 89.817 KL. Sedangkan untuk Avtur sendiri naik 10% dari rata-rata normal 11.534 KL menjadi 12.701 KL dan Elpiji naik 4% dari rata-rata harian normal 19.793 Metrik Ton (MT) menjadi 20.517 MT.

Begitu juga untuk cadangan minyak yang stocknya juga diperpanjang. "Misalnya premium dari 17 hari sekarang sudah 19 hari. solar yang biasanya 20 hari jadi 22 hari. Aftur naik 26 hari, pertamax sama, elpiji, 37 hari," tutup Bambang.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Pertamina dan Hiswana Migas Gelar Pelatihan Juru Takar bagi Operator SPBU

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin
 
×
×