logo


Dianggap Lakukan Tindak Spionase, Diplomat Jepang Diusir dari Rusia

Seorang diplomat asal Jepang, Motoka Tatsunori, karena dianggap telah melakukan tindak spionase

26 September 2022 23:20 WIB

kompas internasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Rusia memberikan status persona non-grata kepada seorang diplomat asal Jepang, Motoka Tatsunori, karena dianggap telah melakukan tindak spionase. Dengan status tersebut, Tatsunori, harus segera keluar dari wilayah Rusia.

Menurut Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB), konsul Jepang itu ditangkap di Vladivostok ketika dia mencoba mendapatkan informasi terlarang.

"Dinas Keamanan Federal di Primorsky Krai menghentikan tindakan spionase Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok, Motoka Tatsunori. Seorang diplomat Jepang ditahan saat menerima informasi terbatas untuk hadiah uang tentang aspek topikal dari kerja sama Rusia dengan salah satu negara di kawasan Asia-Pasifik, dampak kebijakan sanksi Barat terhadap situasi ekonomi di Primorsky Krai," kata FSB dalam siaran persnya, dikutip Sputniknews.


Rusia Tak Tanggapi Ancaman AS soal Kemungkinan Penggunaan Senjata Nuklir dalam Konflik Ukraina

Pihak berwenang menerbitkan sebuah video yang menunjukkan bahwa Tatsunori berada di sebuah restoran dengan seorang warga negara Rusia. Tatsunori kemudian mengakui bahwa dia mengerti hal itu adalah pelanggaran serius.

Pemerintah Rusia sendiri juga suda melayangkan protesnya kepada Tokyo dan diplomat itu kemudian mendapatkan status persona non grata.

PM Hungaria Sebut Sanksi Anti-Rusia Bakal Jadi Bumerang bagi Uni Eropa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia