•  

logo


AS Sebut Aliansi AUKUS Sudah Sesuai Standar Keselamatan Nuklir

Presiden Joe Biden menyatakan bahwa AS sudah bekerjasama dengan IAEA untuk memastikan bahwa aliansi AUKUS sudah sesuai dengan standar keselamatan nuklir

26 September 2022 22:49 WIB

Ilustrasi Kapal Selam
Ilustrasi Kapal Selam istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat sudah bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk memastikan aliansi pertahanan trilateral yang dibentuk oleh Inggris, AS dan Australia (AUKUS) sudah sesuai dengan standar keselamatan nuklir. Hal itu disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden dalam pernyataan tertulisnya pada Sesi ke-66 Konferensi Umum IAEA yang digelar pada Senin (26/9).

"Kami bekerja sama dengan IAEA untuk memastikan bahwa kemitraan AUKUS antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat memenuhi standar nonproliferasi tertinggi," kata Menteri Energi AS Jennifer Granholm saat membacakan pesan Presiden Joe Biden, dilansir dari Sputniknews.

Sebagaimana diketahui, pakta AUKUS dibentuk pada September tahun lalu. Di bawah perjanjian itu, AS dan Inggris akan mentransfer teknologi canggih ke Australia sehingga Canberra dapat mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir (SSN). Washington menekankan bahwa pakta itu tidak bertujuan untuk transfer senjata nuklir kepada Australia.


G7 Ingin Harga Minyak Rusia Dibatasi, Venezuela: Akan Kembali Menjadi Bumerang bagi Mereka

Pembentukan aliansi tersebut menuai kecaman dari China, yang mengatakan bahwa AS dan Inggris nantinya akan mengirimkan sejumlah besar uranium yang diperkaya kepada Australia sehingga memungkinkan negara non-nuklir itu untuk mengembangkan senjata yang sangat berbahaya.

Hacker Rusia Publikasi Data Pribadi Ribuan Anggota Intelijen Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia