logo


KPK Respons Pihak Lukas Enembe yang Ajak Lihat Tambang Emas

Kuasa hukum Lukas Enembe mengajak KPK ke Papua untuk membuktikan kepemilikan tambang emas

26 September 2022 19:14 WIB

Ali Fikri
Ali Fikri Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe mengajak KPK ke Papua untuk membuktikan kepemilikan tambang emas milik Lukas. KPK minta hal itu disampaikan langsung ke penyidik saat pemeriksaan.

"Saya ingin sampaikan kepada saudara penasehat hukum, ini yang kami sayangkan, kenapa? Seharusnya sampaikanlah langsung di hadapan tim penyidik KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Senin (26/9).

Ali mengatakan bahwa jika hal itu dijadikan pembuktian lebih baik disampaikan ke penegak hukum bukan di ruang publik.


KPK Sebut Lukas Enembe Bisa Dibebaskan Jika Punya Tambang Emas, Pengacara: Dia Punya di Mamit

"Kalau memang ingin sebagai pembuktian terbalik, itu sampaikan kepada penegak hukum, jadi bukan di ruang-ruang publik," ucap Ali.

"Dan justru kemudian kan, kami sayangkan tidak hadir tersangka atau pun penasehat hukumnya untuk mendampinginya, tetapi kemudian membangun narasi dan opini di luar," tambahnya.

Ali mengatakan bahwa pembangunan narasi di publik bukan pembuktian perkara hukum. Ali mengatakan bahwa KPK tidak akan ke Papua untuk memeriksa Lukas Enembe.

"Bagi kami itu bukan sebuah pembuktian, karena pembuktian perkara itu harus disampaikan pada tempat dan waktu yang tepat," ujarnya.

"Ya ini kan kami memanggil tersangka, bukan kami yang disuruh ke sana," imbuhnya.

Tanggapi Jokowi, Pengacara Lukas Enembe: Kita Cari Solusinya Agar Disembuhkan Dulu Penyakitnya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata