logo


Ini Profil Jenderal Gatot, Sang Pengganti Jenderal Moeldoko Sebagai Panglima TNI

Jenderal Gatot yang merupakan prajurit TNI AD ini memang memiliki segudang prestasi

10 Juni 2015 12:38 WIB

KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Ist)
KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Teka-teki siapa yang bakal menggantikan Jenderal Moeldoko sebagai pucuk pimpinan tertinggi di TNI akhirnya terjawab sudah. Jenderal Gatot Nurmantyo baru saja dicalonkan oleh Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI melalui sebuah surat yang dikirimkan kepada pimpinan DPR semalam, Selasa (9/6).

Jenderal Gatot yang merupakan prajurit TNI AD ini memang memiliki segudang prestasi. Terakhir, pria kelahiran Tegal, 13 Maret 1960 ini membawa TNI menjadi juara umum dalam kejuaraan menembak antar tentara se-dunia yang digelar di Australia beberapa waktu lalu.

Saat ini, pemilik bintang 4 di TNI AD ini merupakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Gatot menggantikan Jenderal Budiman menjadi KSAD setelah SBY mencopot Jenderal Budiman pada tahun 2014 lalu menjelang pemilihan Presiden. 

Lulusan Akademi Militer tahun 1982 ini berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad dan pernah menjabat sebagai Pangkostrad.

Ukiran prestasinya itu tak hanya sampai disitu, Gatot juga pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil. Selain itu, Gatot juga adalah Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018.

Bersyukur Ali Kalora Berhasil Tertembak Mati, Panglima TNI: Namun Tetap Waspada Karena...

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan