logo


Viral! Pelanggan Esteh Indonesia Disomasi usai Kritisi Produk

Pelanggan bernama Gandhi telah menyampaikan permintaan maaf kepada pihak perusahaan.

25 September 2022 17:29 WIB

Esteh Indonesia
Esteh Indonesia www.estehindonesia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jagat Twitter dihebohkan dengan langkah PT Esteh Indonesia Makmur menyomasi pelanggan buntut kritikan soal produk minuman yang teramat manis.

Langkah somasi diambil pihak perusahaan lantaran keluhan yang dilontarkan pelanggan dengan akun @Gandhoyy dinilai kurang patut.

Sebagaimana somasi yang diunggah Gandhi, Esteh menilai pernyataan Gandhi terhadap rasa produk sifatnya subjektif. Sementara itu opsi lain telah disediakan sesuai kebutuhan konsumen.


Pisah dari Angga Wijaya, Dewi Perssik Malah Tambah Bahagia

"Sehingga kurang pantas menyatakan bahwa produk Chizu Red Velvet (minuman) seperti gula seberat 3 kg. Kami menganggap pernyataan tersebut dapat menyebabkan pemberian informasi keliru dan/atau menyesatkan kepada konsumen/publik," bunyi somasi yang diteken tim legal perusahaan, Brian Michel.

Gandhi juga dianggap telah menghina perusahaan terkait umpatan ‘hewan’ yang dituliskan. Oleh karena itu, ia diminta menghapus unggahan sekaligus memberikan klarifikasi.

"Dengan ini kami memperingatkan dan menegur dengan keras (somasi) saudara untuk segera melakukan penghapusan dan klarifikasi pernyataan (tweet) pada akun twitter pribadi saudara, paling lambat 2x24 jam sejak tanggal surat ini," akhir layang somasi.

Somasi itu lantas ditanggapi oleh Gandhi. Ia menyampaikan permintaan maaf atas cuitan yang dianggap merugikan perusahaan. Berikut pernyataan lengkapnya.

Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun twitter @gandhoyy yang pada berberapa hari lalu saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. Esteh Indonesia Makmur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian pada perusahaan minuman terkait.

Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. Esteh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu 'Chizu Red Velvet' yang saya beropini dan juga sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru, kandungannya, dan nama perusahaan.

Sekali lagi saya memohon maaf terhadap twit yang saya buat atas pencemaran nama baik PT. Esteh Indonesia Makmur. Terima kasih.

Tak ayal langkah somasi dari PT Esteh Indonesia itu mendapat beragam respons dari warganet. Adapun perusahaan yang dipimpin Nagita Slavina itu disarankan lebih bijak dalam menyikapi keluhan pelanggan. Selain itu, ada netizen yang mengingatkan pelanggan untuk menyampaikan komentar dengan santun.

“@esteh_indonesia kata gua mending u belajar ke indihome ama first media. Dah jutaan umpatan dan cacian tapi nda pernah pake somasi,” ujar @pamanhi***.

“Kalo ada keluhan, cobalah ditanggapi dengan bijak. Bukan seperti ini caranya. @esteh_indonesia,” kata @dimdima***.

“Gimana ya aku liat twit masnya kemaren juga emang terlalu kasar bahasanya, protes ya protes aja gitu lho gausah pake bahasa kasar,” tutur @sibayio***.

Komentari Konversi Kompor Gas ke Listrik, Nafa Urbach: Bagaimana yang Hidupnya di Pedalaman ya?

Halaman: 
Penulis : Iskandar