logo


Tips Survive di Tanggal Tua

Berikut beberapa cara untuk menghemat pengeluaran di akhir bulan

24 September 2022 17:24 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Akhir bulan seperti ini merupakan waktu yang berat bagi sebagian orang. Selain dengan meningkatnya harga-harga barang di pasar, pemerintah juga mengurangi subsidi bahan bakar, sehingga mau tidak mau pengeluaran menjadi ikut membengkak. Berikut ini beberapa cara untuk mengelola keuangan di akhir bulan atau tanggal tua.

1. Membawa bekal ke kantor

Membawa bekal makan siang dari rumah tentu saja bisa menghemat pengeluaran harian anda. Selain itu, anda juga bisa memastikan sendiri tingkat higienitas makanan yang anda konsumsi tersebut.


Keuntungan Lapor Pajak dengan Aplikasi Pajak Berbasis Online

2. Membuat skala prioritas

Membuat skala prioritas dalam berbelanja sangatlah penting. Anda harus memilih dan memilah mana yang menjadi kebutuhan, mana yang menjadi keinginan. Selain itu, anda juga harus membuat rencana anggaran belanja yang jelas, yang sesuai dengan pendapatan. Dengan demikian, diharapkan pengeluaran anda bisa terukur.

3. Mengontrol Hasrat untuk Berbelanja

Hampir sama seperti poin diatas, yakni memprioritaskan kebutuhan diatas keinginan. Semaksimal mungkin hindari hal-hal yang dapat memicu hasrat berbelanja anda muncul.

4. Manfaatkan diskon dan promo

Langkah berikutnya dalam rangka menghemat pengeluaran adalah dengan memanfaatkan promo atau diskon. Banyak dari toko, baik offline maupun online yang menawarkan promo dan diskon besar saat akhir bulan.

5. Mencari uang tambahan

Terakhir, jika anggaran belanja anda ternyata melibihi pendapatan bulanan anda, tidak ada salahnya anda memanfaatkan waktu luang untuk mencari uang tambahan. Misalnya, anda bisa mencoba untuk memulai bisnis kecil-kecilan dengan jual-beli barang di media online seperti marketplace.

 

Frugal Living, Gaya Hidup yang Bisa Datangkan Cuan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia