logo


Tips Mengempukkan Daging

Berikut beberapa cara untuk mengempukkan daging merah

24 September 2022 14:36 WIB

Daging Sapi
Daging Sapi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daging merah, seperti daging sapi atau kambing, merupakan bahan makanan favorit bagi kebanyakan orang. Terlebih, daging ini sering diolah saat momen-momen special, seperti saat acara pernikahan maupun hari raya Idul Adha.

Hanya saja, meski sangat familiar, namun tidak sedikit diantara kita yang tahu cara mengolah daging merah supaya cepat empuk saat dimasak. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengolah daging merah supaya cepat empuk.

1. Daun Pepaya


Niko Kokana Black Series, Kompor Kaca Berfitur Pengunci Gas Idaman Ibu Muda Perkotaan

Cara alami yang bisa dilakukan untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Mengapa demikian? Ternyata, daun pepaya memiliki kandungan enzim alami yang dapat memecah protein yang ada dalam daging sehingga teksturnya menjadi lebih empuk. Usahakan setiap permukaan daging terbungkus dengan daun pepaya secara merata dan diamkan selama sekitar 1 jam.

2. Jus Nanas

Selain memanfaatkan daun pepaya, anda juga bisa menggunakan buah nanas untuk membuat daging agar lebih empuk. Cara mudah, haluskan buah nanas, bisa dengan cara ditumbuk ataupun dijus. Jus nanas tersebut kemudian dibalurkan ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum diolah.

3. Uap Panas

Cara melembutkan tektur daging merah berikutnya bisa dengan menggunakan uap panas. Pertama-tama, didihkan air dan rebus daging selama lima menit dalam panci yang tertutup rapat. Setelah lima menit, matikan kompor dan diamkan panci selama setengah jam. Selama menunggu, jangan membuka tutup panci sehingga uap panas yang terkumpul tidak keluar. Terakhir, nyalakan api dan rebus kembali daging selama sekitar 7 atau 8 menit.

Sulit Tidur? Hindari 5 Makanan Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia