logo


Tanggapi Pernyataan Luhut, PKB: Pemilih Jawa Menjadi Kunci Kemenangan pada Setiap Pilpres

Jazilul menilai bahwa Luhut memiliki banyak pengalaman politik.

24 September 2022 11:25 WIB

 Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal kemungkinan orang dari luar Jawa akan sulit menjadi presiden. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menilai bahwa Luhut memiliki banyak pengalaman politik.

"Pak Luhut jenderal dan politisi senior yang kaya pengalaman politik, pandangannya itu berbasis realitas empirik," kata Jazilul kepada wartawan, Jumat (23/9).

Jazilul mengatakan bahwa dalam realitas politik menunjukkan bahwa pemilih Jawa menjadi kunci kemenangan pada setiap pilpres.


Tanggapi Pernyataan Luhut, NasDem: Terlalu Rasis

"Memang selama ini realitas politik menunjukkan pemilih Jawa atau 'Jawa' menjadi kunci kemenangan pada setiap Pilpres," ucap Jazilul.

"Pak Luhut bicara blak-blakan, memang identitas kesukuan, agama dan aliran politik masih menjadi pertimbangan utama dalam dinamika demokrasi Indonesia. Faktanya begitu kita mau bilang apa? Ambisi tetap mesti berbasis realitas sejarah," lanjutnya.

Jazilul merasa PKB beruntung karena memiliki tokoh yang berasal dari Jawa, salah satunya Ketum Muhaimin Iskandar.

"Ketum-nya Gus Muhaimin berasal dari Jawa Timur dari lahir dari cicit pendiri Nahdhatul Ulama'. Meskipun kami sadar kalau hanya modal itu saja belum cukup untuk menjadi Presiden RI," kata Jazilul.

Nilai Ucapan Luhut Jujur, Politikus PKS: Jawa Memang Kunci

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata