logo


Fakta Unik Paus Sperma, Bisa Membunuh Manusia Hanya dengan Suara

Paus Sperma dapat menghasilkan suara dengan tingkat kebisingan mencapai lebih dari 170 desibel

23 September 2022 22:40 WIB

Paus Sperma
Paus Sperma istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda mungkin pernah mendengar bahwa paus sperma dapat menghasilkan suara klik yang spektakuler. Suara ini digunakan untuk menyampaikan pesan kepada paus sperma lain yang berjarak lebih dari ratusan mil.

Suara klik tersebut adalah bentuk ekolokasi yang sangat mirip dengan mekanisme pendengaran yang digunakan kelelawar, yakni dengan menembakkan suara dan menafsirkan suara pantulan begitu mereka menabrak objek.

Namun, ternyata suara klik yang dihasilkan oleh paus sperma tidak hanya digunakan untuk kedua hal tersebut.


One Piece: Pantas Kizaru Angkat Tangan, Ternyata Ini Kekuatan Benn Beckman

Dilansir dari fivethirtyeight.com, suara klik yang dihasilkan oleh paus sperma adalah suara paling keras yang dihasilkan oleh hewan di muka bumi.

Suara tersebut benar-benar keras dengan tingkat kebisingan mencapai 174 desibel. Suara paus sperma bahkan lebih keras daripada suara ledakan Gunung Krakatoa yang didengar oleh manusia dari jarak lebih dari 150 kilometer.

Menurut Jennifer Miksis-Olds, seorang profesor di bidang akustik pada Universitas Negeri Pennsylvania, tingkat kebisingan bunyi klik yang dihasilkan oleh paus sperma bahkan mencapai 200 desibel. Tingkat kebisingan tersebut sedikit lebih rendah daripada suara paling keras yang pernah direkam oleh Lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA), yaitu suara roket Saturn V yang mencapai 204 desibel.

Begitulah kekuatan klik mereka sehingga paus dapat dengan nyaman mengirimkan informasi kepada orang lain dari jarak ratusan mil, dan bahkan melintasi lautan yang luas.

Menurut para ahli, suara dengan tingkat kebisingan mencapai 180 desibel sudah cukup untuk menyebabkan kematian sel secara drastis di telinga Anda. Dengan demikian, suara paus sperma yang paling kuat tidak hanya akan membuat Anda tuli, namun getarannya juga dapat membunuh manusia.

One Piece: Fakta Seraphim, Kombinasi Shichibukai Kecil dan Lunarian

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia