logo


Solusi Pengelolaan Transportasi dan Logistik dari Astra FMS

Sebagai pioneer perusahaan transportasi yang berinovasi teknologi, SERA menghadirkan layanan fleet management system untuk manajemen yang lebih baik

23 September 2022 17:16 WIB

PT Serasi Autoraya (SERA)
PT Serasi Autoraya (SERA) SERA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan transportasi, sama seperti perusahaan di sektor lainnya, memerlukan kehadiran teknologi yang membantu segala pekerjaan menjadi lebih efisien dan produktif. Oleh karena itu, sistem pengelolaan tradisional saja tidak akan cukup dan kurang efektif untuk menjalankan roda perusahaan.

Saat ini keberadaan fleet management system untuk pengelolaan kendaraan di perusahaan transportasi bukan lagi hal yang baru, meskipun popularitasnya di Indonesia belum setinggi di negara-negara barat.

Lebih dari apa pun, teknologi fleet management menawarkan berbagai keunggulan dan keuntungan untuk berbagai jenis bisnis. Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan dengan menerapkan teknologi ini adalah menurunkan tingkat risiko dan memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.


Tak Hanya Khayalan, Motor Terbang Ini Bisa Atasi Kemacetan Jakarta

Lalu apa saja kelebihan lain dari sistem manajemen yang satu ini? Kenapa kehadirannya akan sangat membantu berbagai lini bisnis, terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Fleet Management System?

Secara mendasar, fleet management memang dirancang untuk mengelola kendaraan komersial, seperti mobil, van, dan truk. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut digunakan secara efisien dan aman serta dalam kondisi baik-baik saja.

Namun tentu saja fungsinya tidak terbatas pada hal tersebut di atas. Tergantung dari sektor industri yang Anda geluti, teknologi yang satu ini juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda tracking aset dan mengelola berbagai peralatan berat.

Tujuan utama terciptanya fleet management system adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas armada yang Anda miliki. Selain itu, penerapan teknologi ini juga akan memperbaiki sistem keamanan untuk para pengemudi.

PT Serasi Autoraya (SERA), yang memiliki spesialisasi jual beli kendaraan bekas, solusi transportasi, dan pengelolaan logistik, meluncurkan sistem manajemen fleet yang bernama Astra FMS.

Kehadiran teknologi yang satu ini tidak hanya membuktikan komitmen SERA dalam memberikan pelayanan yang mumpuni untuk para penggunanya dalam pengelolaan transportasi, namun juga menunjukkan bahwa SERA selalu menjadi pionir.

Selain memberikan layanan yang memudahkan perusahaan mengelola armadanya, Astra FMS juga memungkinkan pemilik perusahaan memiliki kombinasi layanan.

Beberapa di antaranya adalah pengelolaan maintenance, memonitor kebiasaan para pengemudi ketika di jalan, mencatat laporan penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Astra FMS

Memanfaatkan teknologi fleet management system dapat membantu perusahaan transportasi Indonesia dalam memperbaiki operasional di beberapa poin penting, antara lain:

1. Memastikan Keamanan Driver

Lebih dari apa pun, keselamatan driver adalah poin penting dalam perusahaan transportasi dan logistik, baik kendaraan penumpang maupun logistik.
Penelitian menyebutkan bahwa speed dalam berkendara menjadi salah satu masalah utama yang bisa berakibat fatal dalam berkendara. Selain itu, hampir 30 persen kecelakaan fatal di jalan raya disebabkan oleh pengemudi yang kebut-kebutan.

Maka dari itu, performa pengemudi dan kebiasaannya ketika di jalan raya menjadi salah satu fokus SERA meluncurkan Astra FMS.

Salah satu kelebihan besar dari menggunakan teknologi FMS adalah adanya notifikasi tingkah laku yang membahayakan ketika di jalan raya. Bisnis Anda tentu akan lebih mudah dimonitor apabila Anda dapat melakukan tracking terhadap pengemudi ketika berada di jalan raya.

2. Memangkas Penggunaan Bahan Bakar

Salah satu masalah yang sering terjadi pada perusahaan di bidang transportasi adalah konsumsi bahan bakar yang sangat tinggi dan cenderung fluktuatif. Bahkan pada beberapa kasus, bujet untuk bahan bakar melebihi dari yang sudah ditentukan. Sayangnya, penyebab hal-hal tersebut tidak selalu bisa dideteksi.

Kehadiran teknologi fleet management system akan memudahkan pemilik perusahaan dalam melakukan berbagai monitoring. Selain mengecek driving behavior pengemudi Anda, teknologi ini pun juga memungkinkan Anda untuk tracking data terkait dengan bahan bakar.

Apabila teknologi ini diterapkan dengan baik dan optimal, maka bukan tidak mungkin jika perusahaan bisa melakukan penghematan bahan bakar.

Nantinya akan ada report yang menunjukkan faktor-faktor yang mungkin berkontribusi dalam peningkatan biaya bahan bakar. Nantinya, Anda dapat menentukan langkah yang bisa diambil untuk menanggulangi faktor-faktor tersebut.

3. Update Secara Real-Time

Hal lain yang akan sangat menguntungkan para perusahaan logistik dan transportasi lainnya adalah update yang diterima secara real-time. Salah satu alat yang tersedia dari fleet management system dari Astra FMS adalah GPS.

Tentu keberadaan teknologi yang satu ini sangat menguntungkan dan efisien, baik untuk pengemudi maupun pemilik perusahaan. Nantinya, selain dapat mengecek lokasi kendaraan secara real-time, Anda pun bisa mengarahkan kendaraan bila perlu.

Keberadaan teknologi ini juga mempermudah perkiraan waktu kendaraan tiba, yang sangat penting untuk bisnis di bidang transportasi. Anda pun tidak perlu repot-repot menelepon pengemudi untuk menanyakan posisi saat ini dan pengemudi pun akan lebih tenang dalam menjalankan pekerjaannya.

Lebih dari apa pun, teknologi FMS adalah pilihan perusahaan logistik terbaik di Indonesia yang berorientasi profit tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

4. Meningkatkan Efisiensi dan Menghapus Biaya yang Tidak Perlu

Salah satu faktor utama yang menjadi latar belakang lahirnya teknologi FMS adalah efisiensi. Hal tersebut dapat terealisasi dengan adanya report yang detail sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Data yang nantinya tiba di tangan Anda sudah berupa insight dan informasi yang actionable. Seperti penjelasan di poin sebelumnya, hal ini akan membantu Anda mengetahui letak permasalahan (jika ada), dan mengambil langkah terukur untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Maintenance yang Lebih Efektif

Mengembangkan bisnis di bidang transportasi dan logistik tentu tidak lepas dari adanya maintenance. Bahkan aspek yang satu ini bisa menjadi faktor yang membuat budgeting membengkak.

Kabar baiknya, fleet management system dapat mengatasi masalah tersebut. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengembankan jadwal maintenance yang sifatnya preventif – dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu hingga kendaraan rusak.

Hal menguntungkan lainnya adalah Anda pun bisa mengontrol biaya maintenance dengan lebih baik. FMS akan mengumpulkan data, mulai dari jumlah kilometer, berapa jam mesin berjalan, penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya, untuk membuat jadwal servis kendaraan yang sifatnya preventif.

Selain itu, fleet management system juga memiliki kemampuan untuk merekam downtime setiap armada yang akibat unit yang mogok, aki yang mati, penderekan, dan perbaikan yang sifatnya emergency.

Informasi tersebut sangat berguna untuk mengidentifikasi potensi masalah terkait dengan kesehatan kendaraan – yang mana juga bisa menyesuaikan jadwal servis berikutnya apabila perlu.

Menggunakan Astra FMS merupakan investasi penting untuk bisnis logistik dan transportasi. Apabila jadwal maintenance sesuai dengan kebutuhan kendaraan, maka penghematan pun bukan lagi sebuah wacana.

6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tentu bukan sebuah rahasia bahwa setiap bisnis yang ada di muka bumi ini tidak bisa hanya fokus pada profit tanpa memperhatikan kepuasan pelanggan. Menggunakan FMS ini akan membantu bisnis Anda memberikan apa yang pelanggan perlukan dengan tepat sasaran.

Satu dari banyak fungsi teknologi yang satu ini adalah menyederhanakan sistem pemesanan dan adanya appointment reminders. Nantinya pelanggan bisa melihat estimasi waktu dan lokasi yang akurat melalui data GPS.

Tentu hal-hal semacam di atas tidak mungkin terjadi apabila Anda tidak menggunakan teknologi FMS berkualitas.

7. Perencanaan Rute yang Lebih Baik

Selain untuk tracking, fleet management system juga memungkinkan bisnis Anda untuk membuat perencanaan yang lebih matang dan terukur. Anda pun bisa merencanakan hari dan rute perjalanan untuk melakukan pengiriman (untuk logistik) serta cara distribusi yang paling efisien.

Key Features yang Ditawarkan Astra FMS

Seperti penjelasan sebelumnya, SERA berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan keselamatan untuk pengendara dan pengguna jasa bisnis Anda.

Maka dari itu, melalui sebuah platform digital, produk dari anak perusahaan Astra International ini akan membantu Anda meraih profit sebaik-baiknya dengan mempertimbangkan sisi pengguna.

Keberadaan teknologi yang satu ini memungkinkan pemilik perusahaan memantau berbagai aspek dengan mudah, seperti kondisi fisik kendaraan, rute perjalanan, mengelola waktu dengan lebih baik, memangkas biaya operasional, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah benefit yang Anda peroleh dengan menggunakan layanan Astra FMS.

Teknologi yang mengikuti zaman memungkinkan pengguna mendapatkan informasi tentang mesin kendaraan, seperti speed, suhu mesin, dan gravitasi kendaraan.

Memberikan data dan pergerakan armada secara real-time. Lalu apabila terjadi gerakan berbahaya maupun salah rute, pengguna akan segera mendapatkan notifikasi dari Astra FMS.

Selain itu, sistem juga mampu mendeteksi gejala sopir mengantuk, pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman, sering rem mendadak, dan lain sebagainya. Sistem ini tentu memungkinkan perusahaan untuk menilai performa pengemudi.

Segala pemesanan dan appointment akan terekam di sistem.

Astra FMS juga menyediakan fasilitas penjadwalan maintenance dan servis serta pengingat masa garansi.

SERA tidak main-main dalam memberikan fasilitas untuk penggunanya. Melalui Astra FMS, PT Serasi Autoraya telah mengembangkan sistem yang saat ini manfaatnya sudah tersampaikan ke lebih dari 2.000 armada.

Lebih dari apa pun, hanya mengandalkan sistem konvensional bukanlah keputusan yang baik untuk mengembangkan bisnis, terutama di bidang transportasi dan logistik.
Meskipun Anda harus mempersiapkan initial cost, keuntungan yang Anda peroleh akan jauh lebih banyak apalagi untuk jangka panjang.

Solusi Manajemen Armada Terbaik di Indonesia

Setelah membaca keseluruhan artikel ini, tentu Anda menyadari betapa pentingnya pemanfaatan fleet management system dalam pengelolaan transportasi, baik untuk kendaraan penumpang maupun logistik.

Pada dasarnya, FMS jauh lebih besar dan krusial daripada yang terlihat. Nantinya, sistem pengelolaan yang satu ini akan memberikan pengaruh positif terhadap berbagai sektor bisnis yang ada di Indonesia.

Bukan rahasia lagi bahwa teknologi fleet management ini akan menjelma menjadi alat yang membantu perusahaan bersaing secara lebih sehat dan efektif. Teknologi ini tidak akan berhenti sampai di sini saja karena SERA akan terus berinovasi dari waktu ke waktu.

Demikian hal yang perlu Anda ketahui tentang fleet management system dari SERA. Sebagai pemilik perusahaan transportasi, sudah sepatutnya Anda menggunakan Astra FMS untuk pengelolaan kendaraan yang lebih baik.

 

Bukan Hoax, Kamu Bisa Beli Toyota Avanza Seharga Rp 5 Juta, Begini Caranya!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia