logo


Kesampingkan Suku, Ustaz Hilmi: Sudah Saatnya Putra Terbaik Bangsa Pimpin Negeri Ini

Ustaz Hilmi mencontohkan BJ Habibie yang berasal dari luar Jawa.

22 September 2022 19:34 WIB

Ustaz Hilmi
Ustaz Hilmi twitter.com/hilmi28

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pendakwah Ustaz Hilmi Firdausi menilai jabatan presiden tidak harus dipegang oleh orang dari suku Jawa. Menurutnya, siapapun bisa menjadi orang nomor satu RI asalkan memiliki kemampuan memimpin yang mumpuni.

Ustaz Hilmi mencontohkan Presiden ketiga RI, B. J. Habibie. Diketahui Habibie merupakan presiden Indonesia pertama dari luar Jawa dan berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi.

“Pak BJ Habibie Allahuyarham pernah menjadi presiden (walau limpahan dari Pak Harto). Dan perlu dicatat, beliaulah yang mampu menyelamatkan negeri ini di saat krisis. Sudah saatnya putra terbaik bangsa dari manapun sukunya memimpin negeri ini. Bi idznillah,” tulisnya via akun Twitter @hilmi28, Kamis (22/9).


Sadar Diri Tak Mungkin Jadi Presiden, Luhut: Saya Double Minoritas, Sudah Batak Kristen Lagi

Hal itu menanggapi saran Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kepada orang di luar Jawa untuk mengubur impian menjadi presiden.

Menurutnya, saat ini tak mungkin tokoh non-Jawa terpilih jadi presiden. Kendati begitu, ia tak menampik puluhan tahun mendatang keadaan bisa berubah.

“Kalau Anda bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya enggak tahu 25 tahun lagi, sudah lupain deh. Enggak usah kita memaksakan diri kita. Sakit hati, yang bikin sakit hati ya kita sendiri,” ujar Luhut saat berbincang dengan Rocky Gerung dalam kanal Youtube RGTV channel ID.

Luhut menyebutkan fakta antropologi masyarakat Indonesia saat ini masih sangat berorientasi pada kesukuan.

Berdasarkan sensus penduduk pada 2010 lalu, mayoritas atau sekitar 40,22 persen masyarakat Indonesia bersuku Jawa.

Demokrat Klaim AHY Sumber Harapan Baru Rakyat

Halaman: 
Penulis : Iskandar