logo


Walikota dan Wawali Solo Ikut Memandikan Putra Jokowi

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan acara siraman berjalan lancar

10 Juni 2015 11:40 WIB

Walikota Solo (Nuri Endar/Koran JITU)
Walikota Solo (Nuri Endar/Koran JITU)

SOLO, JITUNEWS.COM-  Penjagaan rumah kediaman Gibran Rakabuming terlihat ketat ketika acara siraman berlangsung pada Rabu, 9 Juni 2015. Penjagaan diperketat di sekitar rumah yang beralamat di Jalan Kutai Utara Sumber RT 08 RW VII 57138. Batas area terlarang sudah dipatok sekitar radius 50 km dari rumah pengantin pria tersebut. Bagi yang berkepentingan atau yang tinggal di daerah sekitar wajib melalui security check dari Pasukan Pengamanan Presiden. Awak media tidak diperkenankan mengambil gambar dari jarak dekat.

Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan datang pada pukul 10.00 WIB ke kediaman Gibran. Luhut menjelaskan bahwa kehadirannya untuk berkoordinasi dengan Presiden Jokowi terkait jadwal kepresidenan pada Jumat - Sabtu - Minggu ini.

Sekitar pukul 10.25, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo tampak keluar dari kediaman Gibran. Rudy menjelaskan prosesi siraman berjalan lancar. Yang melakukan siraman antara lain Sujiatmi Notomiharjo ibunda Joko Widodo, Rudy sendiri, Achmad Purnomo Wakil Walikota Solo dan Setiawan Prasetyo, adik dari Joko Widodo, dan sesepuh kampung. Rudy menegaskan bahwa siraman dilakukan sesuai tradisi Jawa. Prosesnya, yaitu mulai dari menaikkan bleketepe, sungkeman, menerima air dari pengantin putri lalu dicampur dengan air yang sudah disiapkan pihak pengantin putra, siraman, potong rambut, gendongan.


Tampil di Depan Presiden, DIdi Kempot: Ini Mimpi

“Setelah siraman ganti baju, makan sama bapak ibunya.  Mengharukan. Wah lucu dan seru. Midodareni nanti ada serah - serahan di masing masing rumah pengantin. Bingkisan serah-serahannya ada 11,” ujar Setiawan Prasetyo, salah satu paman Jokowi. (arum rokka/ ambar purwaningrum/Koranjitu)

Wow! Jokowi Punya Mobil "Spesial" Loh? Mobil Ini Tahan...

Halaman: 
Penulis : Hasballah