logo


UU PDP Disahkan, Ahli: Reaksi Cepat Puan Maharani Patut Diapresiasi

DPR telah mengesahkan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi

21 September 2022 10:10 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - DPR telah mengesahkan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). DPR bersama pemerintah merealisasikan UU PDP dinilai telah memberikan rasa aman untuk masyarakat di tengah maraknya kasus kebocoran data.

"Saya melihat DPR merespons dan memberi solusi dengan disahkannya UU PDP. Di tengah viralnya fenomena hacker Bjorka, UU PDP hadir sebagai bagian kewajiban Negara untuk memberikan rasa aman terhadap data pribadi masyarakat," kata Ahli Komunikasi Politik Silvanus Alvin dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9).

Alvin memberikan apresiasi Ketua DPR Puan Maharani yang telah bereaksi cepat memberikan payung hukum.


DPR Sahkan UU PDP, Golkar: RUU Keamanan Siber Juga Segera Dibahas

"Sama halnya seperti UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS), reaksi cepat Ketua DPR Puan Maharani patut diapresiasi dalam membawa UU PDP untuk disahkan," ucapnya.

Alvin menyebut pembahasan UU PDP cukup lama. Menurutnya, Puan dapat mensiasati krisis.

"Fokusnya sekarang ada pada kepastian hukum untuk perlindungan data pribadi. Legalitas sudah disahkan oleh DPR, sehingga sekarang implementasinya ada di tangan eksekutif," tutur Alvin.

"Dari hal ini pula bisa terlihat manajemen krisis yang dapat disiasati Puan sebagai pimpinan DPR. Dapat dilihat bagaimana para anggota DPR dari berbagai fraksi tidak terburu-buru memutuskan tapi mengesahkannya setelah dianggap RUU cukup sempurna," sambungnya.

Dongkrak Elektabilitas Puan Maharani, PDIP Singgung Nasib Keluarga Soeharto di Golkar

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata