logo


Air Siraman Mantu Jokowi Diambil dari 7 Sumber Mata Air Kramat di Solo

Air untuk siraman diambil dari tujuh sumber mata air

10 Juni 2015 11:43 WIB

istimewa
istimewa

SOLO, JITUNEWS.COM - Acara siraman Selvi Ananda, sebagai bagian dari rangkaian acara pernikahan Gibran-Selvi saat ini masih berlangsung di kediaman Selvi di Jalan Kutai Raya, Sumber, Solo, Rabu 9 Juni 2015. Air untuk siraman diambil dari tujuh sumber mata air, yakni Mesjid Agung Surakarta, dalem Mloyokusuman, keraton Kasunanan, keraton Mangkunegaran, mesjid Mamgkunegaran, air zam zam, dan rumah sendiri.

Prosesi siraman di rumah kediaman Selvi Ananda juga menjalankan prosesi dodol dawet. Tamu undangan dibagikan kreweng, dari tanah liat yang dibentuk bulat. Kreweng digunakan untuk.membeli dawet yang dijual ibu pengantin perempuan, Sri Partini. Filosofi memakai tanah liat ini adalah agar ingat bahwa setelah mati manusia kembali ke tanah atau menjadi tanah.

Dodol dawet dimulai dengan dialog antara kedua orang tua Selvi. Sri Partini memberikan dawet pada suaminya untuk dicoba apa sudah enak atau belum.


Tak Perlu Khawatir! Membiarkan Bayi Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

“Rasane pripun pak, pun enak napa dereng?” kata Partini.

“Enak,” kata Didiet.

Keduanya pun berjualan dawet kepada para tamu. Para tamu lantas membeli dawet yang dijual pasangan Didiet-Partini.

Sebelumnya prosesi siraman dilangsungkan, air siraman dan sedikit potongan rambut Selvi telah dibawa ke kediaman Gibran oleh tiga wakil keluarga Selvi yakni Heru Haryanto, Purboyono dan Slamet Supriyanto.(khairina/Koranjitu)

Anak Sudah Saatnya Sapih? Perhatikan 4 Kondisi Ini Sebelum Anda Memulainya

Halaman: 
Penulis : Hasballah