logo


Duhh.. Minuman Alkohol Asal Belanda Ini Dibuat dari Semut Merah

Sebanyak 62 semut diolah menjadi ekstraknya dan dicampurkan dengan minuman gin

12 Juni 2015 14:28 WIB

Anty Gin
Anty Gin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terdengar aneh tapi itulah yang dilakukannya. Lowe mengumpulkan ribuan semut kayu merah dari hutan Kent di Inggris untuk membuat cita rasa “segar dan menggigit” pada minuman buatannya. Semut-semut tersebut lalu dibawanya ke laboratorium penyulingan di Cambridge.

Sebanyak 62 semut diolah menjadi ekstraknya dan dicampurkan dengan minuman gin. Hasilnya, sebuah minuman yang ia beri nama Anty Gin dan kini dijual seharga £ 200 atau sekitar Rp 4,1 juta per botol.

Produk ini merupakan minuman beralkohol pertama di dunia yang menggunakan serangga sebagai campurannya. Ide unik Lowe bisa terealisasi berkat dukungan dari Denmark Nordic Food Lab, yang didirikan Rene Redzepi, koki restoran Noma,yang terkenal dengan makanan unik dan aliran menu gastronominya. Lowe mengatakan bahwa kami didekati oleh sebuah perusahaan dari Kopenhagen Nordic Food Lab yang mengeksplorasi kualitas kuliner serangga. Mereka meminta kami untuk membuat minuman gin yang rasa sitrusnya muncul bukan dari lemon semut.


Balut: Lezat Tapi

Semut memiliki cita rasa asam seperti sitrus. Rasa ini muncul dari asam format yang dihasilkan di perut semut, dan disemprotkan sebagai mekanisme pertahanan. Ketika asam format dari semut bercampur dengan alkohol, maka menghasilkan rasa aromatik.

 Untuk Anty Gin, Lowe menggunakan semut kayu merah yang memiliki nama latin Formica Rufa. Ia merendam semut-semut tersebut dalam etanol berkonsentrasi tinggi sebelum dilakukan penyulingan untuk membuat konsentrat semut.

Wow, Battle Chef di Batam

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah