logo


Mahfud Sebut Demokrasi Tak Baik-baik Saja, NasDem: Kita Masih Berasa Nyaman-nyaman Saja

Menko Polhukam Mahfud Md menyebut kondisi demokrasi Indonesia dalam keadaan tidak baik-baik saja

19 September 2022 09:55 WIB

Ahmad Ali
Ahmad Ali Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menyebut kondisi demokrasi Indonesia dalam keadaan tidak baik-baik saja. Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali, tidak merasakan hal itu.

"Kita belum merasakan itu (demokrasi tidak baik-baik saja). Sebagai partai politik, sampai hari ini tentunya yang menjadi salah satu pilar untuk menguatkan demokrasi itu, kita masih berasa nyaman-nyaman saja, on track. Ini bukan hal yang dikerjakan sekali atau dalam satu dua tahun, penguatan demokrasi harus dilakukan terus," kata Ali kepada wartawan, Minggu (18/9).

Ali mengatakan bahwa hingga saat ini belum merasakan tekanan apapun yang bisa merusak sistem demokrasi. Ia mempertanyakan Mahfud melihat dari sisi mana.


Anies Masuk Radar Bacapres Demokrat, NasDem: Itu Bagus

"Kalau sampai hari ini kita belum merasakan tekanan, apapun namanya bisa merusak sistem demokrasi kita. Pak Mahfud sebagai Menko Polhukam melihat dari sisi mana?" ujarnya.

"Kalau pak Mahfud melihat bahwa ada kebijakan pemerintah yang kemudian bisa mengancam demokrasai, maka jadi tugas Pak Mahfud untuk mengokestra institusi negara, penegak hukum, untuk kemudian menjaga proses demokrasi itu berjalan lancar," imbuhnya.

Ali mengatakan bahwa demokrasi menjadi rusak kalau pemerintah terlibat. Menurutnya, pemerintah harus menjaga sistem kenegaraan.

"Demokrasi menjadi rusak kalau pemerintah terlibat, atau kemudian menggunakan instrumen hukum untuk melakukan kriminalisasi," ucapnya.

"Pemerintah harus menjaga sistem kenegaraan yang sudah dibangun selama ini untuk berada di posisi tegak. Pemerintah tidak pada menyokong kepentingan tertentu sehingga masyarakat terayomi. Kalau tidak itu nsnti merusak proses demokrasi saat ini," lanjutnya.

PKS, Demokrat, dan NasDem Disebut Kepincut Anies, Pakar: Mereka Serius Berkoalisi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata