logo


PKS, Demokrat, dan NasDem Disebut Kepincut Anies, Pakar: Mereka Serius Berkoalisi

PKS, Demokrat, dan NasDem disebut berpeluang membentuk koalisi untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

18 September 2022 08:09 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan twitter.com/aniesbaswedan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat (PD), dan Partai NasDem disebut sudah kepincut dengan sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketiga partai itu disebut berpeluang membentuk koalisi untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

"Gosip 3 partai ini sudah bikin grup kecil menjajaki kemungkinan koalisi bersama. Itu artinya 3 partai ini serius berkoalisi," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (17/9/2022).

"NasDem dan PKS sudah jadi rahasia umum kepincut ke Anies. Sementara Demokrat tertarik gabung karena menyorongkan AHY sebagai pasangan Anies," sambungnya.


Soal Peluang Gandeng Jokowi di Pilpres 2024, Gerindra: Kita Serahkan ke Prabowo

Adi menilai ketiga partai tersebut tengah menunggu momen yang tepat untuk mendeklarasikan koalisinya.

"Sepertinya mereka tinggal nunggu momen pas untuk deklarasi. Tentunya sambil menimbang kemungkinan menduetkan Anies-AHY," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menilai PKS akan diuntungkan secara elektoral apabila mengusung Anies. Begitu juga dengan Demokrat yang memiliki kepentingan untuk mendutkan Anies dengan AHY.

"Pertanyaannya, apa keuntungan NasDem dukung Anies karena basis konstituen NasDem secara umum lebih ke Ganjar," ucap dia.

 

SBY Sebut Pilpres 2024 Diatur Hanya 2 Paslon, PPP: Harus Disampaikan dengan Bukti

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati