•  

logo


Harga BBM di AS Bakal Naik jika Uni Eropa Setop Beli Minyak Rusia

Menteri Keuangan AS mengatakan bahwa langkah Uni Eropa berhenti membeli minyak Rusia bisa memicu peningkatan harga BBM di AS selama musim dingin

13 September 2022 09:42 WIB

Menkeu AS, Janet Yellen
Menkeu AS, Janet Yellen istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen pada Minggu (11/9) mengatakan bahwa harga bahan bakar di AS bisa mengalami lonjakan selama musim dingin ketika Uni Eropa secara signifikan mengurangi pembelian minyak Rusia. Ia menambahkan bahwa batas harga yang diusulkan oleh negara-negara Barat terhadap ekspor minyak Rusia sedang dirancang untuk menjaga harga tetap terkendali.

“Ini adalah risiko, dan ini adalah risiko yang sedang kami upayakan untuk mengatasi batas harga,” kata Yellen kepada CNN.

"Kemungkinan kenaikan harga bisa terjadi karena Uni Eropa sebagian besar akan berhenti membeli minyak Rusia dan memberlakukan larangan layanan yang memungkinkan Rusia mengirimkan minyak dengan kapal tanker," tambahnya.


Jelang Musim Dingin, Spanyol Tingkatkan Pembelian Volume Gas Alam Rusia

Sebagaimana diketahui, rencana pembatasan harga yang disetujui oleh negara-negara G7 meminta negara-negara yang berpartisipasi untuk menolak asuransi, keuangan, perantara, navigasi, dan layanan lainnya untuk kargo minyak Rusia dengan harga di atas batas harga minyak mentah dan produk minyak yang belum ditentukan.

Yellen mengatakan pembatasan harga ditujukan untuk menurunkan pendapatan yang dapat digunakan Rusia untuk melanjutkan operasi militernya di Ukraina sambil mempertahankan pasokan minyak Rusia untuk menjaga harga global tetap rendah.

 

Dihantam Sanksi dari Negara Barat, Ekonomi Rusia Justru Menguat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia