logo


Soal Serangan Bjorka, Gibran: Data Pribadiku Apa Ya Berguna?

Gibran memastikan data yang berkaitan dengan informasi kependudukan di Dispendukcapil dan BPKAD Solo tetap diberi perhatian khusus.

12 September 2022 21:49 WIB

Gibran selaku inspektur upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (17/8).
Gibran selaku inspektur upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (17/8). Dok. Prokompim Pemkot Solo

SURAKARTA, JITUNEWS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut menanggapi aksi pembocoran data pribadi yang tengah viral di dunia maya, seperti yang dilakukan hacker Bjorka.

Gibran mengaku tidak khawatir apabila data pribadinya bocor ke pubik. Ia mengatakan bahwa semua data pribadinya sudah dari dulu terseber sehingga tidak perlu lagi dirahasiakan.

"Data pribadiku apa ya berguna? Lha ngopo (Memangnya kenapa kalau tersebar)? Kabeh uwong wis ngerti (semua orang juga sudah tahu)," kata Gibran di depan ruang kerjanya, Senin (12/9/2022).


Menkominfo Pakai Nomor AS, Fadi Zon: Artinya Tidak Ada Kepercayaan dengan Nomor di Dalam Negeri

"Data pribadiku yo wis (sudah) kesebar kabeh (semua) kok. Nomor handphone, rumah pribadi, kabeh wis terekspos (semua sudah terekspos). Opo meneh (apa lagi)? Aku opo ono sing tak tutupi? (memangnya ada yang saya tutupi)," sambungnya.

Meski demikian, ia memastikan data yang berkaitan dengan informasi kependudukan di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan data yang ada di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo tetap diberi perhatian khusus.

"Yang paling penting datane Dispendukcapil. Itu yang paling rawan. BPPKAD juga rawan. Itu urusan bansos dan duit," bebernya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha menjaga keamanan data yang sensitif. Pasalnya, sudah beberapa kali Kota Solo menjadi sasaran peretasan pihak yang tidak dikenal.

"Pokoknya kita akan berusaha sebaik mungkin untuk mem-protect data-data yang sensitif. Belajar dari yang kemarin kan akun media sosial kita sudah beberapa kali diretas," tandasnya.

Muncul Hacker Bjorka, Partai Berkarya: Sekedar Isu Jelang Pemilu Lima Tahunan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati