logo


PSSI Ogah Pakai JIS untuk Pertandingan Indonesia vs Curacao, Jakpro: Sudah Penuhi Standar FIFA Tapi...

JIS dibangun sesuai desain stadion modern yang memperhatikan isu keberlanjutan lingkungan

10 September 2022 08:49 WIB

Jakarta International Stadium
Jakarta International Stadium KBA News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PSSI membatalkan rencana penggunaan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai vanue perhelatan sepakbola FIFA Match Day Antara Indonesia vs Curacao pada 27 September mendatang.

PSSI beralasan JIS belum layak untuk menggelar FIFA matchday karena infrastruktur yang disebut belum layak 100 persen. Selain itu, PSSI menyebut sarana pendukung JIS belum sesuai standar. Alasan lainnya yakni biaya sewa penggunaan JIS yang tinggi.

Sementara itu, Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo mengatakan bahwa JIS dirancang oleh konsultan perencana terbaik dari Inggris yakni Buro Happlod. Dengan demikian, ia meyakini JIS sudah mirip dengan stadion-stadion terbaik di Eropa.


PSG Menang 3-0, Duet Mbappe-Messi Bikin Nantes Gigit Jari

"JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujar Arry. seperti dilansir CNNIndonsia.com, Sabtu (10/9/2022).

Arry lantas menanggapi keluhan PSSI yang menyebut kantong parkir di JIS tidak memadai. Ia menegaskan bahwa JIS dibangun sesuai desain stadion modern yang memperhatikan isu keberlanjutan lingkungan.

Lebih lanjut, ia memastikan JIS sudah sudah memiliki kelengkapan dan fasilitas sesuai standar FIFA. Meski demikian, ia menyebut terkait sertifikasi untuk menggelar pertandingan internasional merupakan hal yang terpisah.

"Artinya dari aspek perencanaan dan pembangunan, JIS sudah memenuhi dengan standar yang ditentukan FIFA namun sertifikasi pertandingan merupakan hal yang terpisah. Semisal apakah akan digunakan untuk menyelenggarakan piala Asia atau Piala Dunia, maka assessment atau sertifikasi dilakukan secara terpisah mengikuti standar dari masing-masing pertandingan," jelasnya.

Lawan Arsenal, Harry Maguire Main Tapi MU Tetap Menang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati