•  

logo


Pangeran Charles Jadi Raja Inggris, Gantikan Ratu Elizabeth II

Charles merupakan putra tertua dari Phillips dan Elizabeth.

9 September 2022 08:09 WIB

Pangeran Charles
Pangeran Charles Getty Images

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Raja Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9) pukul 12:32 waktu setempat. Pengumuman atas kepergiannya diberikan oleh Istana Buckingham pada Jumat malam waktu Indonesia.

Elizabeth meninggal dunia pada usia 96 tahun. Ia menyusul sang suami, Pangeran Phillips yang meninggal dunia satu tahun sebelumnya.

Atas hal itu, Pangeran Charles selaku putra tertua, langsung menjadi raja. Sementara istrinya, Camilla menjadi permaisuri.


Kabar Duka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

"Raja (Charles) dan Permaisuri (Camilla) akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," bunyi pengumuman.

Charles memberi penghormatan sang ibu. Tokoh 73 tahun itu menggambarkan kematian Elizabeth sebagai "momen kesedihan terbesar".

"Kami sangat berduka atas meninggalnya penguasa yang disayangi dan ibu yang sangat dicintai," ujar Charles.

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam dan persemakmuran serta oleh banyak orang di seluruh dunia," kata Charles dalam pernyataan yang dirilis.

Sementara itu, Pangeran William dan istrinya, Kate bakal dikenal sebagai Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge. Menurut Istana Kensington, William akan menjadi putra mahkota baru, menggantikan raja baru Inggris nantinya.

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Charles: Kesedihan Terbesar bagi Saya

Halaman: 
Penulis : Iskandar